• Jumat, 27 Mei 2022

Seruan Gema Takbir, Tuhan Allah Maha Besar di Hari Raya Bagi Seluruh Muslim di Dunia

- Minggu, 1 Mei 2022 | 19:14 WIB
Ilustrasi takbir hari raya umat islam. (Sumber gambar: canva.com)
Ilustrasi takbir hari raya umat islam. (Sumber gambar: canva.com)

 

ngaderes.com - Tuhan yang Maha Mengatur waktu, Allah SWT membagi waktu di dunia dalam beberapa bulan, yang hari ini dikenal oleh umat muslim sebagai bulan-bulan dalam tahun Hijriyyah. Salah satu bulan di dalamnya adalah bulan Ramadhan.

Allah SWT secara khusus membahas tentang keutamaan bulan Ramadhan di dalam Kitab Alquran, salah satunya terdapat dalam surat Al Baqarah ayat 185.

Di sana, Allah SWT menjelaskan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya permulaan Alquran, sebagi kitab yang menjadi referensi hidup, petunjuk hidup, pedoman hidup, panduan hidup seluruh manusia selama di dunia.

Baca Juga: Apa saja Sunah Sebelum Sholat Idul Fitri ? Simak Uraian Berikut Ini!

“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil),” jelas Allah SWT dalam firmannya di surat Al Baqarah ayat 185.

Masih dalam surat Al Baqarah ayat 185, Allah SWT melanjutkan bahwa siapa saja di antara manusia beriman yang sampai di bulan Ramadhan, maka Allah SWT memerintahkan mereka untuk menunaikan ibadah puasa.

Tepat hari ini, Minggu (01/05/2022) malam, umat islam sudah genap menunaikan ibadah puasa Ramadhan sebanyak 29 dan 30 hari. Saat bilangan puasa Ramadhan sudah sesuai dengan syariat yang ditentukan, selanjutnya Allah SWT memerintah orang-orang beriman untuk mengagungkan Allah SWT, yaitu dengan mengumandangkan takbir.

“Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya (bilangan puasa Ramadhan: 29 hari atau 30 hari) dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur,” kata Allah SWT kepada seluruh orang beriman di dunia yang tercantum dalam Kitab Alquran surat Al Baqarah ayat 185.

Halaman:

Editor: Intan Resika Rohmah

Sumber: Al quran

Tags

Artikel Terkait

Terkini

The Real Supervision: IHSAN

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:54 WIB

Kisah Inspiratif Ibnu Abbas Saat Itikaf

Jumat, 20 Mei 2022 | 17:00 WIB

Abdullah bin Abbas, Guru Umat yang Terpelajar

Jumat, 20 Mei 2022 | 12:00 WIB
X