• Kamis, 7 Juli 2022

Apa yang Terjadi Jika Malam Terus-menerus atau Siang Terus-menerus Sampai Kiamat? Ini Kata Allah Swt

- Minggu, 10 April 2022 | 09:30 WIB
Ilustrasi pergantian siang dan malam yang diterjadikan oleh Allah Swt. (Sumber gambar: canva.com)
Ilustrasi pergantian siang dan malam yang diterjadikan oleh Allah Swt. (Sumber gambar: canva.com)

ngaderes.com - Kiai Gontor, KH Hasan Abdullah Sahal menyampaikan dalam tausiahnya, bahwa Allah Swt menjadikan malam dan siang untuk orang yang ingin mengambil pelajaran atau yang ingin bersyukur. Hal tersebut Allah sampaikan melalui firmannya dalam Kitab Al quran surat Al Furqan ayat 62.

“Dan Allah pula yang menjadikan malam dan siang silih berganti untuk orang yang ingin mengambil pelajaran atau yang ingin bersyukur,” jelas Allah Swt dalam Kitab Al quran surat Al Furqan ayat 62.

KH Hasan Abdullah Sahal menjelaskan, bahwa dijadikannya pergantian siang dan malam adalah untuk golongan orang yang disebutkan oleh Allah Swt dalam Al quran, liman arāda ay yażżakkara au arāda syukụrā (orang yang ingin mengambil pelajaran atau yang ingin bersyukur).

Baca Juga: Ini Azab Yang Menanti Bagi Orang yang Sengaja Tidak Puasa Di Bulan Ramadhan

“Kita perlu bersyukur karena Allah membuat ada malam ada siang,” tutur KH Hasan Abdullah Sahal dikutip dari Channel Youtube gontortv yang tayang pada 5 April 2022.

Ini yang akan terjadi jika tidak ada siang atau tidak ada malam selamanya

Kemudian, Allah Swt juga menjelaskan, masih dalam surat Al Furqan ayat 62 bahwa Allah jadikan malam dan siang silih berganti (ja'alal-laila wan-nahāra khilfah).

Kemudian, ja'alal-laila wan-nahāra khilfah (Allah jadikan malam dan siang silih berganti), ada malam ada siang. Kalau malam terus ndak enak, kalau siang terus ndak enak,” tutur KH Hasan Abdullah Sahal dalam tausiahnya.

Dalam ayat yang lain, Allah swt memberikan penjelasan kepada manusia, hal apa yang akan terjadi jika malam terjadi terus-menerus sampai hari kiamat, tidak ada siang. Atau sebaliknya, siang terus-menerus sampai hari kiamat, tidak ada malam.

Halaman:

Editor: Intan Resika Rohmah

Sumber: Al quran

Tags

Artikel Terkait

Terkini

The Real Supervision: IHSAN

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:54 WIB

Kisah Inspiratif Ibnu Abbas Saat Itikaf

Jumat, 20 Mei 2022 | 17:00 WIB

Abdullah bin Abbas, Guru Umat yang Terpelajar

Jumat, 20 Mei 2022 | 12:00 WIB
X