• Senin, 27 Juni 2022

Sejak Dulu Allah SWT Perintahkan Orang-Orang Beriman di Seluruh Dunia untuk Puasa, Ini Perintahnya!

- Minggu, 3 April 2022 | 13:30 WIB
Ilustrasi perintah atau instruksi puasa dari Allah SWT. (Sumber gambar: canva.com)
Ilustrasi perintah atau instruksi puasa dari Allah SWT. (Sumber gambar: canva.com)

ngaderes.com - Tuhan yang Maha Memerintah, Allah SWT memberikan perintah kepada orang-orang beriman di seluruh dunia untuk puasa. Perintah tersebut bisa kita baca dalam kitab Al-quran surat Al Baqarah ayat 183.

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian puasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa,” perintah Allah SWT kepada orang-orang beriman dalam Al-quran surat Al Baqarah ayat 183.

Puasa yang dimaksud oleh Allah SWT dalam perintah tersebut, seperti dikutip melalui Kitab Tafsir Ibnu Katsir 30 Juz, yaitu menahan diri dari makan dan minum serta bersenggama dengan niat Ikhlas karena Allah SWT.

Baca Juga: Keutamaan Melaksanakan Sholat Dhuha di Awal dan Akhir Waktu dan Perbedaan Waktunya

Perintah puasa memiliki hikmah membersihkan tubuh dari endapan-endapan yang buruk bagi kesehatan tubuh. Selain itu, puasa juga menyucikan jiwa serta membebaskan jiwa dari dan akhlak-akhlak yang rendah.

Dalam ayat tersebut, Allah SWT yang juga telah mewajibkan puasa kepada umat-umat terdahulu, memberikan informasi kepada orang-orang beriman generasi hari ini, bahwa perintah puasa ini pun pernah dilaksanakan oleh generasi orang beriman di masa lalu.

Melalui informasi tersebut, Allah SWT ingin memberikan semangat kepada orang-orang beriman hari ini untuk melaksanakan kewajiban puasa.

Seperti yang kita ketahui, puasa yang wajib dilaksanakan orang-orang beriman hari ini, hanya satu bulan saja, yaitu dilaksanakan pada bulan Ramadhan. Kurang lebih selama 29 atau 30 hari.

Baca Juga: Coba 3 Amalan Bulan Ramadhan Ini: Agar Meraih Derajat Takwa Saat Berpuasa, Simak Penjelasan Ustad Adi Hidayat

Halaman:

Editor: Intan Resika Rohmah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

The Real Supervision: IHSAN

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:54 WIB

Kisah Inspiratif Ibnu Abbas Saat Itikaf

Jumat, 20 Mei 2022 | 17:00 WIB

Abdullah bin Abbas, Guru Umat yang Terpelajar

Jumat, 20 Mei 2022 | 12:00 WIB
X