• Kamis, 7 Juli 2022

Apa Keutamaan Bulan Ramadan? Berikut ini 4 Peristiwa Penting di Bulan Ramadan

- Rabu, 30 Maret 2022 | 12:26 WIB
Ilustrasi Keutamaan Ramadan didalamnya terdapat peristiwa bersejarah yang terjadi (pixabay)
Ilustrasi Keutamaan Ramadan didalamnya terdapat peristiwa bersejarah yang terjadi (pixabay)



ngaderes.com
- Bulan Ramadan memiliki banyak keutamaan, salahsatunya jika dilihat dari peristiwa - peristiwa yang terjadi di bulan ini.

Berikut ini, 4 peristiwa penting di Ramadan yang penting, bersejarah dan perlu umat Islam ketahui.

1. Kemenangan atas Perang Badar

Perang Badar adalah perang umat Islam melawan kafir Quraisy. Menurut Ibnu Ishak, dalam bukunya Nurul Yakin, perang badar ini terjadi pada hari ke 17, 19, dan 21 Ramadan di tahun ke 2 Hijriyah atau pada 624 Masehi. Dengan kata lain, perang Badar ini terjadi saat umat Islam sedang melaksanakan ibadah puasa.

Baca Juga: Kumpulan Doa yang Bisa Kamu Panjatkan untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Perang ini menjadi perang pertama selepas Nabi Muhammad SAW berhijrah dari Mekah ke Madinah. Saat ini, umat Islam diusir dari Mekah, juga seringkali mengalami penindasan maka untuk memberikan pelajaran pada kaum Quraisy, Perang Badar ini terjadi.

Dalam kondisi lapar dan dahaga mereka berperang. Ahirnya, atas ijin Allah SWT, kemenangan didapatkan oleh pasukan Muslim. Jumlah pasukan muslim yang saat itu berjumlah 313 orang dapat mengalahkan 1000 kaum kafir.

Perang Badar yang terjadi pada bulan Ramadan seolah menyiratkan perjuangan bagi kaum Muslim untuk senantiasa berjuang melaksanakan segala bentuk ibadah di bulan ini.

2. Turunnya AlQuran

Satu peristiwa bersejarah umat muslim yang terjadi pada bulan Ramadan yakni peristiwa turunnya Al Quran yang jatuh pada tanggal 17 Ramadan. Al Quran pertama kali turun ketika Nabi Muhammad SAW berusia 40 tahun atau sekitar tahun 608-609 Masehi.

Saat itu, Nabi Muhammad SAW didatangi malaikat Jibril ketika sedang beruzlah atau menyepi di Goa Hira, yang berjarak sekitar lima kilometer dari Makkah. Mulai dari QS Al Alaq yang pertama kali turun, hingga berangsur – angsur ayat lainnya turun.

Peristiwa dan sejarah turunnya Alquran itu kini diperingati sebagai malam nuzulul quran. Malam nuzulul quran adalah malam yang penuh keberkahan. Allah SWT akan melipat gandakan pahala umat Islam yang beribadah di malam ini.

Baca Juga: BAZNAS Tetapkan Target Zakat Ramadhan 2022 Terhimpun 300 Miliar Rupiah, Bagaimana Menyalurkannya?

Pada malam turunnya Alquran, para malaikat juga turun ke bumi untuk memberikan doa kepada setiap orang yang beribadah.

Untuk mendapatkan keutamaan ini, Umat.Islam dapat memperbanyak ibadah dengan beri'tikaf di masjid, tadarus Alquran, memperbanyak zikir, memperbanyak sedekah, salat tarawih dan witir hingga tahajud serta memperbaiki sikap dan perbuatan

3. Lailatur Qadar
Lailatulqadar atau Lailat Al-Qadar adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Al-Qur'an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Begitu utamanya, satu malam Lailatul Qadar ini, maka tak heran jika umat muslim berburu untuk mendapatkan malam Lailatur Qadar ini.

Malam lailatul qadar terjadi pada malam ganjil sepuluh hari terakhir di bulan Ramadan yakni di antara malam ke-21, 23, 25, 27, dan 29.

Diantara hari tersebut, umat Islam bisa berupaya meraih keutamaan ini dengan memperbanyak amal ibadah.

Baca Juga: Jangan Lewatkan Banyak Keuntungan Saat Puasa Ramadhan!

4. Futuh Mekah

Peristiwa bersejah terahir yang terjadi di bulan Ramadan yakni adanya Futuh Mekah. Pembebasan Mekkah merupakan peristiwa yang terjadi pada tahun 630 M tepatnya pada tanggal 10 Ramadan tahun 8 Hijriyyah.

Perjanjian damai antara Rasulullah SAW dengan Kafir Makkah yang diwakili Suhail bin Amr yang tertuang dalam perjanjian Hudaibiyah yang dilakukan kafir Quraisy saat itu dilanggar.

Maka Nabi Muhammad SAW beserta 10.000 pasukan bergerak dari Madinah menuju Mekkah dan terjadilah Fathu Makkah. Bulan Ramadan menjadi istimewa dengan adanya peristiwa penaklukan kota Mekah ini.

Baca Juga: 5 Hal Sederhana yang Bisa Meningkatkan Pundi Pahala di Bulan Ramadhan

Demikian 4 peristiwa penting yang terjadi di bulan Ramadan yang didalamnya ternyata banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada bulan ini. Semoga, kita sebagai umat Muslim bisa mengambil hikmahnya. ***

 

Halaman:

Editor: Annisa Sasa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

The Real Supervision: IHSAN

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:54 WIB

Kisah Inspiratif Ibnu Abbas Saat Itikaf

Jumat, 20 Mei 2022 | 17:00 WIB

Abdullah bin Abbas, Guru Umat yang Terpelajar

Jumat, 20 Mei 2022 | 12:00 WIB
X