• Kamis, 7 Juli 2022

Tidak Hanya Ibadah, Ini Makna Shalat yang Sebenarnya

- Kamis, 10 Maret 2022 | 17:32 WIB
Shalat menjadai salah satu jalan bagi manusia untuk mendeka t dan berineraksi dengan Allah (Alena Darmel (https://www.pexels.com/photo/group-of-women-standing-while-praying-8164748/))
Shalat menjadai salah satu jalan bagi manusia untuk mendeka t dan berineraksi dengan Allah (Alena Darmel (https://www.pexels.com/photo/group-of-women-standing-while-praying-8164748/))

Semua hal yang diperintahkan Allah terhadap hambanya memiliki maksud dan maanfaat, termasuk shalat. Sebagai salah salah satu bukti keimanan terhadap Allah, setiap umat muslim wajib melaksanaakan shalat. Tidak hanya shalat wajib lima waktu, tapi juga shalat sunnah lainnya.

Tapi, sudahkah kamu tahu makna sholat yang sebenarnya? Apakah manfaat sholat dalam hidup? Mengapa Allah memerintahkan kita untuk shalat? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu sholat?

Secara bahasa, shalat memiliki arti gerakan dan do’a. Sedangkan menurut istilah sholat berarti serangkaian perbuatan tertentu yang dimuai dari takbiratul ikhram dan diakhiri dengan salam. Terdapat beberapa istilah shalat yang digunakan dalam Al-Qur;an, dianaranya adalah :

Baca Juga: Soroti Topik Menarik di Kuliah Umum, Prodi Bahasa Jepang Universitas Widyatama Siap Mencetak Lulusan Unggul

  1. الصلاة (Ash-shalaah) adalah satu kali shalat,
  2. الصلوات (Ash-shalawaat) adalah bentuk jamak tapi terbatas jumlahnya. Kalau disebutkan seperti ini menurut ilmu fiqih, ini tafsirnya kearah sholat lima waktu. Misalkan dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 238

“Peliharalah segala shalat (mu), dan (peliharalah) shalat wusthaa. Berdirilah karena Allah (dalam shalatmu) dengan khusyuk.” (Qur’an Surat Al-Baqarah : 238)

Maksud dari “segala shalat (mu)” adalah peliharalah kelima waktu sholat itu. Artinya sepanjang hari kita harus menjaga kekhusyuan shalat kita. Setiap waktu kita harus sadar, setiap waktu kita harus paham apa hakikat dari yang kita lakukan.

Kaitan Shalat dengan Kehidupan

Hidup kita ini hakikatnya adalah shalat. Seperti yang kita ketahui, jika bayi yang baru lahir akan dibacakan adzan di telinganya. Untuk shalat 5 waktu pun harus didahului dengan adzan. Artinya hidup kita ini bagaikan shalat.

Halaman:

Editor: Annisa Sasa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

The Real Supervision: IHSAN

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:54 WIB

Kisah Inspiratif Ibnu Abbas Saat Itikaf

Jumat, 20 Mei 2022 | 17:00 WIB

Abdullah bin Abbas, Guru Umat yang Terpelajar

Jumat, 20 Mei 2022 | 12:00 WIB
X