• Senin, 27 Juni 2022

Apa itu sholat dan Hakikatnya dalam Kehidupan Manusia, Simak Penjelasan Ustad Adi Hidayat

- Rabu, 9 Maret 2022 | 18:11 WIB
Ilustrasi sholat dan hakikatnya dalam kehidupan manusia, simak penjelasan Ustad Adi Hidayat (pexels)
Ilustrasi sholat dan hakikatnya dalam kehidupan manusia, simak penjelasan Ustad Adi Hidayat (pexels)

ngaderes.com – Sholat adalah ibadah yang diperintahkan Allah kepada umat manusia. Hukumnya wajib bagi setiap muslim.

Jika dikerjakan mendapatkan pahala, jika ditinggalkan maka akan mendapatkan dosa. Bagaimana sebenarnya makna dan hakikat sholat bagi umat Islam.

Mari kita simak penjelasan Ustad Adi Hidayat dalam ceramahnya yang membahas materi tentang sholat

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Sholat Yang Bisa Kamu Dapatkan, Ustad Adi Hidayat : Sudahkah Memberi Dampak Dalam Kehidupanmu?

Sholat memiliki kedudukan sebagai tiang agama. Tiang agama Islam dikuatkan oleh setiap diri insan yang melaksanakan sholat. Bahkan sholat menjadi amalan yang pertama kali dihisab setelah manusia meninggal.

Lantas apa itu sholat? Sholat bisa dimaknai dilihat dari segi bahasa dan istilah. Secara bahasa, sholat berarti gerakan dan do’a.

Sedangkan secara istilah, sholat berasal dari الصلاة ash-shalaah yang bermakna satu kali shalat dan الصلوات ash-shalawaat adalah bentuk jamak tapi terbatas jumlahnya.

Menurut istilah, sholat berarti ucapan dan pekerjaan yang dimulai dengan takbir, dan diakhiri atau ditutup denngan salam, dengan syarat tertentu.

Baca Juga: Kunci Sholat Khusyu: Sikap Saat Menghadap Allah SWT

Dalam Al Quran Surat Al Baqoroh ayat 238, Allah menggunakan ayat kata perintah di awal mula ayat tersebut. Perintah yang dimaksud yakni perintah untuk memelihara sholat dengan sungguh – sungguh, baik untuk pribadi maupun dalam konteks untuk saling mengingatkan satu sama lain. [Al Baqoroh: 238]

Kata “periharalah segala sholatmu” mengandung makna untuk menjaga sholat 5 waktu. Sepanjang hari, kita diminta untuk senantiasa menjaga kesadaran dan kekhusyuan dalam sholat. Sholat menjadi pengingat bahwa setiap waktu, kita perlu senantiasa memahami hakikat dari aktivitas yang kita kerjakan.

Lanjut Ustad Adi Hidayat, mengapa kemudian sholat berhubungan dengan hidup kita. Hal tersebut karena, hakikat hidup manusia sebetulnya adalah sholat.

Baca Juga: Perbedaan Sholat yang Dilakukan Orang Beriman dan Munafik

Jika mengingat ke masa awal manusia dilahirkan, kata Ustad Adi Hidayat, yang pertama kali dilakukan orang tua adalah mengumandangkan adzan pada bayi yang baru lahir. Sama halnya dengan sholat 5 waktu yang dilakukan usai adzan dikumandangkan.

Jika diibaratkan, Ustad Adi Hidayat mengatakan, hidup kita bagaikan sholat. Jika shalat memiliki arti “do’a dan gerakan” yang sudah diatur, maka hidup kita pun harus melakukan perbuatan dan perkataan yang sudah diatur.

“Jangan mengadakan gerakan dan bacaan tambahan yang membuat sholat kita tidak sah”, ujarnya.

Sehingga kehidupan yang dijalani manusia seluruhnya adalah doa dan gerakan yang diatur oleh Allah SWT.

Jika ingin selamat maka, ikuti petunjuk dalam Al Quran sebagaimana semua aturan mengenai sholat yang sudah Allah tetapkan. ***

 

Editor: Annisa Sasa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

The Real Supervision: IHSAN

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:54 WIB

Kisah Inspiratif Ibnu Abbas Saat Itikaf

Jumat, 20 Mei 2022 | 17:00 WIB

Abdullah bin Abbas, Guru Umat yang Terpelajar

Jumat, 20 Mei 2022 | 12:00 WIB
X