• Senin, 27 Juni 2022

Surat Al Hujurat ayat 10: Tentang Interaksi dan Adab Menghadapi Saudara yang Sedang Berselisih dalam Islam

- Minggu, 27 Februari 2022 | 16:37 WIB
Ilustrasi interaksi manusia yang sedang berselisih. Allah SWT melalui Surat Al Hujurat ayat 10 memerintahkan manusia untuk mendamaikan yang sedang berselisih. (Sumber foto: canva.com)
Ilustrasi interaksi manusia yang sedang berselisih. Allah SWT melalui Surat Al Hujurat ayat 10 memerintahkan manusia untuk mendamaikan yang sedang berselisih. (Sumber foto: canva.com)

 

ngaderes.com - Manusia sebagai makhluk sosial, tidak bisa menghindar dari interaksi dengan manusia lainnya. Interaksi sesama manusia sudah menjadi aktivitas yang menemani keseharian kita.

Misalnya seperti interaksi dalam lingkungan keluarga, saudara, teman, tetangga, rekan kerja, rekan bisnis, bahkan hingga interaksi antar pemimpin negara.

Namun interaksi yang terjalin antar manusia, terkadang tidak selamanya menyenangkan dan baik-baik saja. Sesekali, terjadi pertengkaran, berselisih paham satu dengan yang lain, saling membenci, bahkan yang terburuk adalah saling mencelakai.

Baca Juga: 8 Keutamaan Membaca 2 Ayat Terakhir Surat At Taubah

Seperti peristiwa perang Rusia dan Ukraina yang kini menjadi berita internasional dan ramai diperbincangkan oleh media. Peristiwa tersebut merupakan salah satu cermin interaksi antar manusia yang tidak baik.

Bagaimana seharusnya sikap seorang mukmin, jika melihat ada perselisihan antar manusia?

Tuhan Pencipta diri manusia, Allah SWT adalah sosok yang paling tahu perangai manusia. Allah SWT pun tahu, bahwa manusia ciptaan-Nya berpotensi untuk saling berselisih, bertikai, saling benci, bahkan saling mencelakai satu sama lain.

Oleh karena itu, Allah SWT menyampaikan pesan kepada manusia dalam Kitab Alquran surat Al Hujurat ayat 10, yang membahas tentang adab menghadapi teman atau saudara yang sedang berselisih.

Halaman:

Editor: Intan Resika Rohmah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

The Real Supervision: IHSAN

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:54 WIB

Kisah Inspiratif Ibnu Abbas Saat Itikaf

Jumat, 20 Mei 2022 | 17:00 WIB

Abdullah bin Abbas, Guru Umat yang Terpelajar

Jumat, 20 Mei 2022 | 12:00 WIB
X