• Jumat, 27 Mei 2022

Semua Tipu Daya Manusia Jahat Terekam oleh Allah SWT, Percaya?

- Sabtu, 26 Februari 2022 | 17:59 WIB
Ilustrasi sebuah wilayah yang hancur karena tipu daya manusia jahat. (Sumber gambar: pixabay.com/The Digital Artist)
Ilustrasi sebuah wilayah yang hancur karena tipu daya manusia jahat. (Sumber gambar: pixabay.com/The Digital Artist)

 

ngaderes.com - Makna tipu daya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah bermacam-macam tipu atau berbagai daya upaya yang buruk atau muslihat.

Tuhan yang Maha Tahu segala perbuatan manusia, baik yang terlihat maupun yang tersembunyi, pernah merekam kejadian tipu daya yang dilakukan manusia jahat di masa lalu. Peristiwa tersebut didokumentasikan oleh Allah SWT dalam Kitab Alquran surat Ar-Ra’d ayat 42.

“Dan sungguh, orang sebelum mereka (orang kafir Mekah) telah mengadakan tipu daya, tetapi semua tipu daya itu dalam kekuasaan Allah. Allah mengetahui apa yang diusahakan oleh setiap orang, dan orang yang ingkar kepada Tuhan akan mengetahui untuk siapa tempat kesudahan (yang baik),” tutur Allah SWT dalam Kitab Alquran surat Ar-Ra’d ayat 42.

Baca Juga: Bacaaan Sayyidul Istighfar Lengkap Arab, Latin, dan Keutamaannya

Mengutip dari e-book Kitab Tafsir Ibnu Katsir 30 Juz, kisah dibalik ayat tersebut yaitu terkait segolongan orang jahat yang melakukan tipu daya terhadap rasul-rasul mereka. Segolongan orang tersebut menginginkan agar rasul-rasul itu disingkirkan dari negeri mereka.

Di sebuah wilayah atau kelompok sosial, memang akan selalu ada golongan orang yang berbuat baik dan golongan orang yang berbuat jahat. Tentu kategori baik dan jahat di sini adalah baik dan jahat dari sudut pandang Allah SWT.

Dari pernyataan Allah SWT dalam surat Ar-Ra’d ayat 42 tersebut, mencerminkan tentang bagaimana sikap segolongan orang jahat yang berada di suatu wilayah terhadap orang-orang yang berbuat baik. Segolongan orang jahat tersebut cenderung menyimpan rasa tidak suka bahkan benci kepada segolongan orang yang berbuat baik.

Kebencian orang jahat tersebut bahkan mendorong mereka membuat tipu daya untuk menyingkirkan orang-orang baik dari sekitar mereka. Namun, sehebat apapun tipu daya manusia yang berniat jahat, jika Allah SWT tidak menghendaki, maka tipu daya tersebut tidak akan berhasil alias gagal.

Halaman:

Editor: Intan Resika Rohmah

Sumber: Alquran

Tags

Artikel Terkait

Terkini

The Real Supervision: IHSAN

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:54 WIB

Kisah Inspiratif Ibnu Abbas Saat Itikaf

Jumat, 20 Mei 2022 | 17:00 WIB

Abdullah bin Abbas, Guru Umat yang Terpelajar

Jumat, 20 Mei 2022 | 12:00 WIB
X