• Kamis, 7 Juli 2022

Melalui Kisah Nabi Musa dan Firaun, Allah Ajarkan Cara Komunikasi dengan Penguasa Negeri yang Melampaui Batas

- Kamis, 24 Februari 2022 | 20:43 WIB
Ilustrasi seorang penguasa negeri. (Sumber gambar: canva.com)
Ilustrasi seorang penguasa negeri. (Sumber gambar: canva.com)

ngaderes.com - Tuhan yang Maha Mengetahui, Allah SWT mengabadikan kisah Nabi Musa ‘Alaihi Salam di dalam kitab Alquran. Salah satunya terdapat di surat Thaha.

Dalam surat Thaha, Allah SWT menceritakan kisah masa lalu dimana Allah SWT memerintahkan Nabi Musa dan Nabi Harun untuk menghadap Penguasa Negeri Mesir di masa itu, yaitu Firaun.

Allah SWT Tuhan Penguasa seluruh manusia termasuk penguasa dan pencipta atas diri Firaun menjelaskan di dalam Kitab Alquran, bahwa Firaun merupakan seorang penguasa yang melampaui batas.

Baca Juga: Menag Terbitkan Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala

“Pergilah kamu berdua kepada Firaun, karena dia benar-benar telah melampaui batas,” perintah Allah SWT kala itu kepada Nabi Musa dan Nabi Harun. Kisah ini terekam dan terdokumentasikan dengan rapi di dalam Alquran surat Thaha ayat 43.

Tidak hanya memerintahkan Nabi Musa dan Nabi Harun untuk menemui Firaun, Allah SWT juga memberikan arahan kepada Nabi Musa dan Nabi Harun terkait bagaimana keduanya harus bersikap dan berucap kepada seorang penguasa dengan karakter seperti Firaun.

“Maka bicaralah kamu berdua kepadanya (Firaun) dengan kata-kata yang lemah lembut, mudah-mudahan dia sadar atau takut,” lanjut Allah SWT (dalam Alquran surat Thaha ayat 44) kepada Nabi Musa dan Nabi Harun sebelum keduanya berangkat menemui Penguasa Negeri Mesir yang melampaui batas, yaitu Firaun.

Hikmah Kisah

Jika kita melihat latar belakang Nabi Musa dan Nabi Harun, keduanya merupakan warga biasa yang lahir dari keturunan Bani Israil. Atas pengaturan Allah SWT, Nabi Musa dan Nabi Harun terikat tali persaudaraan.

Halaman:

Editor: Intan Resika Rohmah

Sumber: Alquran

Tags

Artikel Terkait

Terkini

The Real Supervision: IHSAN

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:54 WIB

Kisah Inspiratif Ibnu Abbas Saat Itikaf

Jumat, 20 Mei 2022 | 17:00 WIB

Abdullah bin Abbas, Guru Umat yang Terpelajar

Jumat, 20 Mei 2022 | 12:00 WIB
X