• Kamis, 7 Juli 2022

Penting! Menjalankan Peran Hidup dengan Ilmu, Bukan dengan Prasangka

- Rabu, 23 Februari 2022 | 21:59 WIB
Ilustrasi peran hidup, dijalankan dengan ilmu atau prasangka. (Sumber foto: pixabay.com/Mysticsartdesign)
Ilustrasi peran hidup, dijalankan dengan ilmu atau prasangka. (Sumber foto: pixabay.com/Mysticsartdesign)

ngaderes.com - Dalam menjalani kehidupan, setiap manusia tentu memiliki peran hidup masing-masing. Baik itu peran di dalam keluarga, di sekolah, di tempat kerja, di lingkaran pertemanan, di lingkungan tetangga, organisasi, komunitas dan dimanapun berada.

Peran hidup tersebut seolah tidak bisa lepas dari diri manusia sebagai makhluk sosial. Seperti sudah sunnatullah, seorang manusia memiliki peran ganda dalam hidupnya.

Kita lihat saja peran hidup yang diemban oleh salah satu manusia terbaik di mata Allah SWT yaitu Nabi Allah, Rosul Allah, Muhammad SAW.

Baca Juga: Fakta Menarik Setelah Kepindahan Pratama Arhan ke Liga Jepang

Nabi Muhammad SAW mengemban beberapa peran hidup, diantaranya sebagai manusia biasa hamba Allah SWT. Selain itu, sebagai seorang anak yang diasuh oleh pamannya. Kemudian sebagai seorang suami dan ayah. Peran terberat yang pernah diemban dalam hidup Nabi Muhammad adalah sebagai Nabi Allah dan Rosul Allah.

Apa saja peran hidup kita hari ini?

Sepertinya, sesekali kita perlu merinci dan menuliskan dalam catatan, apa saja sih peran hidup yang Allah SWT titipkan pada kita hari ini? Apa saja peran hidup yang sedang diemban dan perlu ditunaikan sesuai dengan yang Allah SWT ridhoi?

Peran sebagai hamba Allah SWT, peran sebagai anak, orang tua, suami, istri, pelajar, pengajar, pekerja, pemimpin, pengasuh, pendidik, atau pun peran profesi lainnya.

Allah SWT menjelaskan pada kita dalam Kitab Alquran surat Al Isra ayat 36, bahwa dalam menjalankan peran kehidupan, haruslah didasari dengan ilmu. Sebab apa yang kita lakukan saat menjalankan peran tersebut, kelak akan dimintai pertanggungjawabannya oleh Allah SWT.

Halaman:

Editor: Intan Resika Rohmah

Sumber: Alquran

Tags

Artikel Terkait

Terkini

The Real Supervision: IHSAN

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:54 WIB

Kisah Inspiratif Ibnu Abbas Saat Itikaf

Jumat, 20 Mei 2022 | 17:00 WIB

Abdullah bin Abbas, Guru Umat yang Terpelajar

Jumat, 20 Mei 2022 | 12:00 WIB
X