• Kamis, 7 Juli 2022

Inilah 7 Hadits Tentang Menjaga Kesehatan dan Kebersihan

- Minggu, 20 Februari 2022 | 20:53 WIB
Ilustrasi menjaga kesehatan dan kebersihan (canva.com)
Ilustrasi menjaga kesehatan dan kebersihan (canva.com)

ngaderes.com - Menjaga kesehatan dan kebersihan merupakan kebiasaan baik bagi seorang Muslim. Hidup sehat dan bahagia bukanlah kebetulan, selain gen yang sehat itu tergantung pada kebiasaan baik pikiran dan tubuh. Dengan mengikuti ajaran Islam seseorang sudah mengadopsi kebiasaan yang baik dari pikiran dan tubuh.

Ambil contoh keyakinan bagaimana Muslim memelihara sikap positif, ibadah dan ritual bagaimana Muslim melatih seseorang untuk mengambil tanggung jawab sosial yang serius dan nilai-nilai moral, bagaimana Muslim membantu dalam membangun hubungan pribadi.

Demikian pula, dengan secara tegas melarang minum alkohol, merokok, berjudi dan memakan makanan haram, Islam telah meletakkan dasar yang kokoh untuk gaya hidup sehat, cara hidup yang aman dan higienis.

Berikut 7 hadits Rasulullah SAW tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan, yang dilansir dari berbagai sumber.

1. “Dari Barangsiapa di antara kamu masuk pada waktu pagi dalam keadaan sehat badannya, aman pada keluarganya, dia memiliki makanan pokoknya pada hari itu, maka seolah-olah seluruh dunia dikumpulkan untuknya.” [HR Ibnu Majah, no. 4141; dan lain-lain; dihasankan oleh Syaikh Al Albani di dalam Shahih Al Jami’ush Shaghir, no. 5918].

2. Dari Ibnu Abbas, dia berkata: Nabi n bersabda: “Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu pada keduanya, (yaitu) kesehatan dan waktu luang”. [HR Bukhari, no. 5933].

3. Ambillah kesempatan lima (keadaan) sebelum lima (keadaan). (Yaitu) mudamu sebelum pikunmu, kesehatanmu sebelum sakitmu, cukupmu sebelum fakirmu, luang waktumu sebelum sibukmu, kehidupanmu sebelum matimu. [HR Al Hakim di dalam Al Mustadrak; dishahihkan oleh Syaikh Al Albani di dalam Shahih At Targhib wat Targhib 3/311, no. 3355, Penerbit Maktabul Ma’arif, Cet. I, Th. 1421 H / 2000 M].

4. Sesungguhnya Allah swt. Itu baik, Dia menyukai kebaikan. Allah itu bersih, Dia menyukai kebersihan. Allah itu mulia, Dia menyukai kemuliaan. Allah itu dermawan ia menyukai kedermawanan maka bersihkanlah olehmu tempat-tempatmu. (H.R. at –Tirmizi: 2723)

5. Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW berkata, “Seorang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih disukai Allah daripada yang lemah, dan keduanya baik.

Halaman:

Editor: Dita Fitri Alverina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

The Real Supervision: IHSAN

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:54 WIB

Kisah Inspiratif Ibnu Abbas Saat Itikaf

Jumat, 20 Mei 2022 | 17:00 WIB

Abdullah bin Abbas, Guru Umat yang Terpelajar

Jumat, 20 Mei 2022 | 12:00 WIB
X