• Kamis, 7 Juli 2022

Tuhan yang Maha Pencipta Ciptakan Siang untuk Bekerja Malam untuk Istirahat, Allah: Suka Hamba Pekerja Keras

- Minggu, 20 Februari 2022 | 12:13 WIB
Ilustrasi siang bekerja dan malam istirahat.  (Sumber foto: pixabay.com dan pexels.com)
Ilustrasi siang bekerja dan malam istirahat. (Sumber foto: pixabay.com dan pexels.com)

 

ngaderes.com - Tuhan yang Maha Pencipta, Allah SWT telah menciptakan siang dan malam bagi seluruh makhluk ciptannya-Nya, termasuk manusia. Tentu setiap yang Allah SWT ciptakan memiliki manfaat bagi manusia.
 
Begitupun dengan adanya siang dan malam, dari keduanya Tuhan yang Maha Pencipta Allah SWT sudah menyiapkan manfaat kebaikan yang bisa diambil oleh manusia.
 
Tuhan yang Maha Pencipta siang dan malam menyampaikan dalm Kitab Al Quran surat Al Qashash ayat 73 bahwa Allah SWT menjadikan siang dan malam agar manusia bisa beristirahat di malam hari. Selain itu, waktu siang hari bisa digunakan manusia untuk bekerja mencari nafkah atau mencari sebagian karunia Allah SWT.
 
 
"Dan karena rahmat Allah, Allah jadikan untukmu malam dan siang agar kamu beristirahat pada malam hari dan agar kamu mencari sebagian karunia Allah (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada Allah," tutur Allah SWT kepada manusia menjelaskan manfaat penciptaan siang dan malam yang tertuang dalam Al Quran surat Al Qashash ayat 73.
 
Pekerja yang Disukai Allah SWT
 
Ya, siang adalah waktu ideal yang sudah Allah SWT ciptakan sebagai waktu untuk manusia bekerja atau mencari nafkah atau mencari sebagian karunia Allah SWT yang lain di bumi ini.
 
Lantas seperti apa pribadi pekerja yang Allah SWT sukai? 
 
Dalam sebuah Hadits Riwayat Ahmad dikatakan bahwa sesungguhnya Allah SWT menyukai hamba yang berkarya dan terampil (profesional atau ahli).
 
"Sesungguhnya Allah SWT menyukai hamba yang berkarya dan terampil (profesional atau ahli). Siapa yang bersusah payah mencari nafkah untuk keluarganya, dia serupa dengan seorang mujahid di jalan Allah Azza wa Jalla," Hadits Riwayat Ahmad.
 
Hadits lain, masih diriwayatkan oleh Ahmad dijelaskan bahwa siapa yang pada malam hari merasakan kelelahan dari upaya keterampilan kedua tangannya pada siang hari, maka pada malam itu dia diampuni oleh Allah SWT.
 
Masya Allah, Maha Baik Allah SWT yang memberikan reward-reward luar biasa bagi hambanya yang bekerja, betugas dan berkarya di siang hari.
 
 
Allah Maha Tahu bahwa tugas dan pekerjaan yang dilakukan hamba-Nya cukup melelahkan. Sehingga kelelahan tersebut Allah serupakan dengan lelah yang dirasa seorang mujahid di jalan Allah SWT.
 
Bahkan lebih dari itu, jika di saat malam kita merasa lelah karena seharian bertugas, bekerja atau berkarya di jalan Allah, maka Allah SWT akan mengampuni kesalahan-kesalahan kita.
 
Apakah setiap malam Sobat Deras merasa lelah karena seharian bekerja atau melakukan beragam aktivitas kebaikan yang Allah SWT suka?
 
"Sesungguhnya di antara dosa-dosa ada yang tidak bisa dihapus dengan pahala sholat, sedekah, atau haji, tetapi hanya dapat ditebus dengan kesusahpayahan dalam mencari nafkah," Hadist Riwayat Thabrani.

Editor: Intan Resika Rohmah

Sumber: Alquran

Tags

Artikel Terkait

Terkini

The Real Supervision: IHSAN

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:54 WIB

Kisah Inspiratif Ibnu Abbas Saat Itikaf

Jumat, 20 Mei 2022 | 17:00 WIB

Abdullah bin Abbas, Guru Umat yang Terpelajar

Jumat, 20 Mei 2022 | 12:00 WIB
X