• Kamis, 7 Juli 2022

Perbedaan Sholat yang Dilakukan Orang Beriman dan Munafik

- Minggu, 20 Februari 2022 | 11:13 WIB
Ilustrasi sholat 5 kali dalam sehari merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim.  (Foto: rudolf_langer, pixabay.com)
Ilustrasi sholat 5 kali dalam sehari merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim. (Foto: rudolf_langer, pixabay.com)



ngaderes.comSholat bagi seorang muslim merupakan sebuah kewajiban. Ibadah ini dilaksanakan 5 kali dalam sehari. Seorang muslim yang melaksanakan ibadah sholat akan meraih keutamaan tertentu. 

Namun tahukah kamu, jika kita bisa mendeteksi jenis sholat yang kita lakukan. Al Quran dengan jelas membahas mengenai jenis- jenis sholat yang dilakukan oleh manusia.

Pertama, dalam Quran Surat Al Mukminun ayat 1 dan 2, Allah menyatakan pujiannya pada orang yang beriman yakni orang yang melaksanakan sholat dengan khusyu dan menggolongkan mereka menjadi orang yang beruntung.

Baca Juga: Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu 2022: Indonesia Juara Grup A, Di Semifinal Bertemu Singapura

“Sungguh beruntung orang-orang beriman, yang di dalam shalatnya dilakukan dengan rasa khusyu,” demikian tercantum dalam Quran Surat Al Mukminun ayat 1-2.

Maka dari ayat di atas, bisa disimpulkan orang mukmin akan melaksanakan sholat dengan khusyu. Sholat khusyu bisa dilakukan dengan menyakini bahwa saat seorang muslim sholat maka ia sedang menghadap Allah SWT.

Memang hingga saat ini, shalat khusyu menjadi tantangan bagi umat muslim dalam melaksanakanya. Saat melaksanakan sholat, seringkali umat muslim sulit untuk menghadirkan khusyu dalam sholatnya.

Namun umat muslim bisa mencoba berbagai usaha bagaimana menghadirkan khusyu dalam sholat dari berbagai referensi.

Selanjutnya, Allah SWT juga mengatakan ada sholat yang dilakukan orang–orang munafik. Allah SW menjelaskan orang–orang munafik itu menipu Allah dan Allah membalas mereka dengan tipuan tersebut. Jika mereka sholat, mereka melakukannya dengan malas dan tidak serius dalam mengingat Allah kecuali hanya sedikit saja.

“Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah juga akan membalas atas tipuannya tersebut. Mereka itu apabila melaksanakan shalat dilakukan dengan perasaan malas, dan mereka tidak serius di dalam mengingat Allah kecuali hanya sedikit saja,” kata Allah SWT dalam Quran Surat An Nisaa’ ayat 142.

Baca Juga: Dorce Gamalama Meninggal Dunia, Bagaimana Pengurusan Jenazah Transgender dalam Islam?

Dari ayat di atas, indikator sholat orang munafik bisa terlihat dari sikap malas saat harus menegakan sholat. Sejatinya sholat merupakan jalan mengingat Allah, namun esensinya tidak bisa dicapai.

Bahkan sholat dikatakan dalam Al Quran Surat Al Ankabut ayat 45 bisa mencegah diri dari perbuatan yang keji dan mungkar. Namun jika tujuan ini belum tercapai, maka kemungkinan ada yang salah dengan sholatnya. 

Halaman:

Editor: Intan Resika Rohmah

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

The Real Supervision: IHSAN

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:54 WIB

Kisah Inspiratif Ibnu Abbas Saat Itikaf

Jumat, 20 Mei 2022 | 17:00 WIB

Abdullah bin Abbas, Guru Umat yang Terpelajar

Jumat, 20 Mei 2022 | 12:00 WIB
X