• Kamis, 7 Juli 2022

Ini Rincian dan Urutan Peristiwa Isra Miraj yang Sebenarnya (Bagian Pertama)

- Sabtu, 12 Februari 2022 | 15:47 WIB
llustrasi Isra Miraj sebagai peristiwa dalam perjalanan kisah kenabian Muhammad SAW dalam syiarkan agama Islam  (Photo by Dmitriy K. from Pexels)
llustrasi Isra Miraj sebagai peristiwa dalam perjalanan kisah kenabian Muhammad SAW dalam syiarkan agama Islam (Photo by Dmitriy K. from Pexels)

ngaderes.com - Peristiwa Isra Mi'raj yang terjadi pada bulan Rajab merupakan momen yang tepat bagi umat muslim untuk kembali menelisik kisah yang terabadikan dalam Al Quran ini. Terkait ini, Allah menyebutkan peristiwa Isra Miraj dalam Quran Surat Al Isra ayat satu dan An-Najm ayat satu hingga delapan belas.

Adapun mengenai rincian dan urutan peristiwa Isra Mi'raj banyak terdapat dalam hadis sahih dengan berbagai riwayat. Dikutip dari kitab Syaikh Al Albani rahimahullah yang berjudul Al Isra` wal Mi’raj menyebutkan ada enam belas sahabat yang meriwayatkan kisah ini.

Para sahabat itu di antaranya adalah Anas bin Malik, Abu Dzar, Malik bin Sha’sha’ah, Ibnu ‘Abbas, Jabir, Abu Hurairah, Ubay bin Ka’ab, Buraidah ibnul Hushaib Al-Aslamy, Hudzaifah ibnul Yaman, Syaddad bin Aus, Shuhaib, Abdurrahman bin Qurath, Ibnu ‘Umar, Ibnu Mas’ud, ‘Ali, dan ‘Umar radhiallahu ‘anhum ajma’in.

Baca Juga: Ternyata, Amalan Mudah Ini Bisa Bikin Kamu Terhindar dari Masalah

Berikut hadits mengenai peristiwa Isra Mi'raj  yang bisa menjadi sumber informasi bagi kita.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

Penggambaran perjalanan Isra dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqso

Didatangkan kepadaku Buraaq – yaitu yaitu hewan putih yang panjang, lebih besar dari keledai dan lebih kecil dari baghal, dia meletakkan telapak kakinya di ujung pandangannya (maksudnya langkahnya sejauh pandangannya). 

Maka sayapun menungganginya sampai tiba di Baitul Maqdis, lalu saya mengikatnya di tempat yang digunakan untuk mengikat tunggangan para Nabi. Kemudian saya masuk ke masjid dan shalat 2 rakaat kemudian keluar.

Halaman:

Editor: Annisa Sasa

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

The Real Supervision: IHSAN

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:54 WIB

Kisah Inspiratif Ibnu Abbas Saat Itikaf

Jumat, 20 Mei 2022 | 17:00 WIB

Abdullah bin Abbas, Guru Umat yang Terpelajar

Jumat, 20 Mei 2022 | 12:00 WIB
X