• Kamis, 7 Juli 2022

Ternyata, Amalan Mudah Ini Bisa Bikin Kamu Terhindar dari Masalah

- Jumat, 11 Februari 2022 | 22:07 WIB
Ilustrasi seorang yang sedang beristighfar (unsplash.com/ by jim pave)
Ilustrasi seorang yang sedang beristighfar (unsplash.com/ by jim pave)

ngaderes.com -- Tak dapat dipungkiri, sebagai manusia kita pasti mendambakan memiliki hidup yang tenang dan bahagia. Namun justru sejatinya dunia diciptakan oleh Allah sebagai tempatnya ujian bagi umat manusia.

Ujian dan cobaan yang Allah datangkan pasti selalu ada hikmah dibalik itu semua, karena Allah sudah siapkan kemudahan jika ia bersabar dan bertawakal dalam melewatinya. 

Seperti janji Allah dalam QS Al-Insyirah: 5-6, “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.”

Selain itu, ternyata ada amalan yang membuat kita terhindar dari masalah dan sikap lalai, apa itu? Diambil dari postingan IG @ajiepanqestu, mengutip ucapan Habib Novel Alaydrus:

"Kalau kamu mau selesai masalahmu, apapun itu, istighfar sebanyak 70 kali di pagi hari, 70 kali dimalam hari. Istighfarnya seperti apa? Terserah kamu, kamu bisa ngucap astaghfirullah, Allahumaghfirli, Rabbighfirli, atau yang lainnya juga boleh, seenak kamu, sebanyak 70 kali pagi dan malam, jadi totalnya itu ada 140 kali. Keutamaanya apa kalau kita ngucap istighfar ini antara lain adalah tidak dicatat sebagai orang yang lalai, dan tidak dicatat sebagai orang yang suka berdusta."

Kita bisa mengucapkannya di sepanjang hari. Baik itu pagi hari setelah waktu subuh sampai maghrib. Sedangkan malam itu setelah maghrib sampai subuh. Dan yang penting di dua waktu ini kita harus mengucapkan istighfar.

Tak hanya bisa terhindar dari orang yang lalai, keutamaan istighfar ini salah satunya adalah bisa diampuninya dosa kita selama 70 tahun juga. 

Gimana menurutmu Sobat Cerdas, mudah kan? Semoga kita tidak berat untuk selalu mengucap istighfar, karena pada dasarnya kita ini banyak dosa. Dan istghfar bisa menjadi pelebur dari dosa-dosa kita. 

Editor: Dita Fitri Alverina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

The Real Supervision: IHSAN

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:54 WIB

Kisah Inspiratif Ibnu Abbas Saat Itikaf

Jumat, 20 Mei 2022 | 17:00 WIB

Abdullah bin Abbas, Guru Umat yang Terpelajar

Jumat, 20 Mei 2022 | 12:00 WIB
X