• Kamis, 7 Juli 2022

Saat Cobaan dari Tuhan yang Maha Kuasa datang, Bagaimana Seharusnya Sikap Seorang Mukmin?

- Kamis, 10 Februari 2022 | 17:09 WIB
Ilustrasi manusia saat mendapat cobaan dari Tuhan yang Maha Kuasa. (pixabay.com/Pexels)
Ilustrasi manusia saat mendapat cobaan dari Tuhan yang Maha Kuasa. (pixabay.com/Pexels)

ngaderes.com - Tuhan yang Maha Kuasa yaitu Allah SWT berkuasa memberikan cobaan kepada manusia. Baik manusia itu muslim atau bukan, beriman atau tidak.

Kemudian Allah SWT menjelaskan dalam Al Quran surat Al Ankabut ayat 10, bahwa di antara sebagian manusia ada yang menyatakan dirinya beriman kepada Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa.

"Kami beriman kepada Allah," ujar sebagian manusia tersebut. Tentu Allah SWT yang dimaksud adalah Tuhan yang Maha Kuasa.

Baca Juga: Kesimpulan dan Rekomendasi Konvensi Nasional Media Massa HPN 2022 Terkait Membangun Media Massa Berkelanjutan

Selanjutnya Allah SWT mengatakan masih dalam ayat yang sama, apabila sebagian manusia tersebut yang menyatakan dirinya beriman, lalu disakiti karena dia beriman, maka dia menganggap cobaan tersebut sebagai siksaan atau azab dari Allah SWT.

Padahal, dikutip dari e-book Tafsir Ibnu Katsir Juz 30, jika manusia tersebut hatinya bena-benar beriman kepada Allah SWT, maka dia tidak akan menganggap cobaan tersebut sebagai siksaan, melainkan menerimanya sebagai ujian.

Bedanya Siksaan atau Azab dengan Ujian

Dilansir dari laman kabarmakkah.com, azab diartikan sebagai siksaan yang akan Allah SWT berikan kepada orang yang tidak beriman kepada Allah SWT.

Sedangkan ujian, adalah persepsi yang diterima oleh orang beriman sebagai cobaan untuk meningkatkan derajat keimanan dan ketakwaan di hadapan Allah SWT. Hal tersebut disampaikan Pembicara Program Cahaya Islami Radio PRFM, Ustadz Abu Zaki saat on air pada kajian subuh di Radio PRFM beberapa waktu lalu.

Halaman:

Editor: Intan Resika Rohmah

Sumber: Al quran

Tags

Artikel Terkait

Terkini

The Real Supervision: IHSAN

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:54 WIB

Kisah Inspiratif Ibnu Abbas Saat Itikaf

Jumat, 20 Mei 2022 | 17:00 WIB

Abdullah bin Abbas, Guru Umat yang Terpelajar

Jumat, 20 Mei 2022 | 12:00 WIB
X