• Senin, 27 Juni 2022

Mencintai Diri Sendiri, Wujud Rasa Syukur Kepada Allah

- Minggu, 16 Januari 2022 | 08:11 WIB
self love islam
self love islam

Khazanah - Mencintai diri sendiri atau self love merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menerima dirinya, termasuk merasa puas dan bangga terhadap apa yang ada pada dirinya. Hal ini tentu sangat dibutuhkan agar manusia bisa mengenali dan menghargai dirinya sendiri. Mencintai diri sendiri bisa membuat diri kita menjadi cukup dan penuh rasa syukur. Selain itu batin akan merasa bahagia, pikiran menjadi tenang, tumbuh rasa kepercayaan diri sehingga tidak mudah terpengaruh oleh pendapat orang lain.

Self Love Dalam Islam

Dalam agama Islam, mencintai diri sendiri ini diartikan sebagai suatu perwujudan rasa syukur atas nikmat dan karunia yang Allah Swt. berikan. Dengan kata lain self love merupakan bentuk rasa cinta manusia kepada Tuhan. Sebab dengan adanya rasa cinta terhadap diri sendiri membuat manusia bisa menerima dan mensyukuri setiap kelebihan dan kekurangan diri. Sehingga segala bentuk pemberian Allah akan senantiasa dinikmati dan dijaga keberadaannya. Allah Swt. Berfirman :

وَلَقَدْ اٰتَيْنَا لُقْمٰنَ الْحِكْمَةَ اَنِ اشْكُرْ لِلّٰهِ ۗوَمَنْ يَّشْكُرْ فَاِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهٖۚ وَمَنْ كَفَرَ فَاِنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ حَمِيْدٌ

Dan sungguh, telah Kami berikan hikmah kepada Lukman, yaitu, ”Bersyukurlah kepada Allah! Dan barang siapa bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barang siapa tidak bersyukur (kufur), maka sesungguhnya Allah Maha kaya, Maha Terpuji." (QS. Luqman ayat 12) Dr. Fahruddin Faiz di Webinar Masjid Jendral Soedirman Yogyakarta Menafsirkan bahwa dalam ayat tersebut Allah memerintahkan kepada manusia untuk selalu bersyukur atas apa yang Allah beri. Karena pada hakikatnya rasa syukur tersebut juga sekaligus sebagai bentuk rasa syukur, rasa cinta terhadap diri sendiri. Ia juga menyebutkan rasa syukur kepada Allah Swt. ini akan bermanfaat bagi diri kita sendiri. Karena rasa puas dan cukup atas apa yang Allah Swt. beri tentunya akan membuat jiwa kita bahagia. Selain itu, Imam Al Ghazali dalam mendefinisikan cinta terhadap diri sendiri sebagai upaya untuk menjauhkan diri dari Azab Allah. Hal ini bisa dilakukan dengan cara bertobat, menjauhi dosa, melakukan amal saleh, dan ikhlas ketika menolong orang lain. Sehingga puncak dari perilaku cinta terhadap diri ini adalah tidak egois, sebab segala yang dilakukan berfokus hanya kepada Allah Swt.

Lalu bagaimana agar kita senantiasa mencintai diri sendiri menurut Islam?

Dr. Fahruddin menjelaskan, ada empat cara agar kita bisa mencintai diri sendiri. Pertama  dengan berpikir bahwa diri kita itu istimewa dan tidak sia-sia diciptakan oleh Allah Swt. Kedua, fokuskan pikiran dan pandangan kita bahwa segala sesuatu yang ada dalam diri kita merupakan anugerah yang Allah beri. Ketiga, di dunia ini ada hal yang tidak bisa kita kendalikan, manusia hanya bisa melakukan usaha sesuai dengan kemampuan kita, selebihnya hasil terserah Allah yang menentukan. Terakhir, ketika kita semakin paham bagaimana kita mencintai diri sendiri, maka kita akan paham juga kebesaran-Nya. Sebagai umat muslim, sudah seharusnya kita bersyukur atas segala nikmat yang Allah berikan. Rasa cukup dan puas ini tentunya berdampak pada diri sehingga batin kita terasa bahagia. Karena sejatinya semua makhluk yang Allah ciptakan tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jadi upaya menerima diri sendiri selain bisa membawa kita sebagai manusia yang beriman juga menjadi kunci kebahagiaan dunia dan Akhirat.   Penulis : Gina Nurulfadillah/Internship Editor: Fahmi Idris/Internship

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

The Real Supervision: IHSAN

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:54 WIB

Kisah Inspiratif Ibnu Abbas Saat Itikaf

Jumat, 20 Mei 2022 | 17:00 WIB

Abdullah bin Abbas, Guru Umat yang Terpelajar

Jumat, 20 Mei 2022 | 12:00 WIB
X