• Kamis, 7 Juli 2022

3 Hal Kecil Dalam Keseharian Yang Kita Tidak Sadari Telah Diatur Islam

- Selasa, 7 Desember 2021 | 12:05 WIB
hal kecil islam
hal kecil islam

Khazanah - Islam sudah terbukti mengatur banyak hal untuk kebaikan umatnya. Salah satu yang sering kita dengar, yaitu Islam mengatur doa sebelum dan sesudah tidur. Walaupun kita sering lupa mempraktikkannya sekarang, namun kita pasti ingat pernah mempraktikkannya semasa kecil. Belum lagi doa sebelum dan sesudah makan, yang sudah menjadi satu paket dengan santapannya. Keseharian kita pada hakikatnya sudah diatur oleh Islam, agar setiap hal yang kita lakukan tetap mendapat berkah dari doa-doa yang dipanjatkan untuk-Nya. Selain itu, pahala juga tetap mengalir pada mereka yang senantiasa memanjatkan doa-doa untuk setiap kegiatan yang mereka lakukan.

Bukan Hanya Dengan Basmalah, Meminum Susu Juga Ada Doanya

Bukan rahasia umum jika Rasulullah saw menyukai susu. Sebuah kisah, ketika itu Rasul bersama Abu Bakar berniat ingin membeli makanan yang dijual seorang wanita. Sayangnya, makanan tersebut habis. Namun, Nabi Muhammad saw tidak ambil pusing perihal itu dan meminta izin pada wanita tersebut untuk memerah kambing yang ada di dekatnya. Meski tidak percaya kambing itu menghasilkan susu, namun wanita tersebut tetap mengizinkan Rasul untuk memerahnya. Usai izin didapat, Nabi mengelus-elus punggung kambing tersebut dan mengucap basmalah sebelum memerah. Wanita tersebut kaget karena ternyata kambing itu menghasilkan susu. Segera wanita itu mengambil mangkok, lalu mangkok itu terisi penuh dengan susu dan mereka meminumnya. Agar kita dapat merasakan manfaat dan berkah susu, Rasulullah bersabda untuk mengucapkan doa ini ketika hendak meminum susu.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيهِ وَزِدْنَا مِنْه

Allohumma baarik lanaa fiihi wa zidnaa minhu

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami di dalamnya dan tambahkan kepada kami darinya."

Dalam Islam Pakai Outfit Kesukaan Mendapat Pahala

Pakaian adalah salah satu elemen penting dari kehidupan manusia. Siapa sangka, Islam juga menganjurkan umatnya untuk memanjatkan doa saat mengenakan sandang. Karena, Allah menjadikan manusia memilih pakaian yang memberikan banyak maslahah bagi manusia. Apalagi, zaman sekarang inspirasi berpakaian semakin banyak, sehingga umat muslim tetap bisa menjaga keutamaan sebagai manusia dengan berpakaian, terutama yang menutup aurat seperti QS. Al’Araf ayat 32. Agar kita tetap mendapatkan pahala dan manfaat dari mengenakan outfit kesukaan, Islam menuntun beberapa adab dalam berpakaian, salah satunya dengan membaca doa sebagai berikut:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى كَسَانِى هَذَا الثَّوْبَ وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلاَ قُوَّةٍ

Alhamdulillahilladzi kasaaniy hadzats tsauba wa rozaqonihi min ghoiri hawlin minniy wa laa quwwah “Segala puji bagi Allah yang telah memberikan pakaian ini kepadaku sebagai rezeki dari-Nya tanpa daya dan kekuatan dariku." (HR. Abu Daud no. 4023. Dihasankan Al Albani dalam Shahih Abi Daud)

Amalkan Doa Bercermin Biar Outfit Semakin Sempurna

Kegiatan bercermin pastilah selalu dilakukan, entah sekadar ingin memeriksa wajah, atau memeriksa pakaian yang sedang dikenakan. Dalam Islam pun, kegiatan bercermin juga diatur, salah satunya dengan doa:

اللهم كما حسّنت خَلقي فحسّن خُلقي

Allahumma kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii Artinya: "Ya Allah, sebagaimana Engkau memperbagus badanku maka perbaguslah akhlakku.” Walaupun doa ini, dalam riwayat tidak dijelaskan keterangan Rasulullah membacanya ketika melihat cermin, namun Ibnu Rusyd mengingkari orang yang melarang doa ini. Pasalnya, hadis sendiri pada umumnya selalu memerintahkan utuk berdoa. (Fawaid fi Al-Alfadz, Syaikh Bakr Abu Zaid, Halaman 13)   Sumber : https://kumparan.com/berita-hari-ini/doa-minum-susu-dan-kisah-rasulullah-saw-minum-susu-kambing-1wiF4ZoFfYa/full https://www.suara.com/news/2021/09/24/145708/doa-ketika-bercermin-memohon-disempurnakan-fisik-dan-akhlak?page=all https://muslim.or.id/47057-adab-adab-berpakaian-bagi-muslim-dan-muslimah.html   Penulis: Galuh Budiati Wangsa/Internship Editor: Fahmi Idris/Internship

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

The Real Supervision: IHSAN

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:54 WIB

Kisah Inspiratif Ibnu Abbas Saat Itikaf

Jumat, 20 Mei 2022 | 17:00 WIB

Abdullah bin Abbas, Guru Umat yang Terpelajar

Jumat, 20 Mei 2022 | 12:00 WIB
X