• Kamis, 7 Juli 2022

Berqurban Selain di Hari Raya Iduladha. Sah kah?

- Sabtu, 10 Agustus 2019 | 10:54 WIB
domba putih, editan
domba putih, editan

Ngaderes.com - Sudahkah suara domba dan sapi terdengar di sekitarmu? Hewan tersebut mungkin sudah mulai terlihat di halaman, tanah lapang, atau pelataran masjid di lingkunganmu. Pemandangan yang biasa kita lihat setiap tahun di hari raya Iduladha. Momentum Iduladha kerap menjadi ajang silaturahmi warga. Masyarakat senantiasa beramai - ramai berkumpul untuk menyaksikan proses penyembelihan hewan qurban, bahkan ikut terlibat aktif membantu penyembelihan, pencacahan, hingga mendistribusikan daging qurban. Nah, kapan sebetulnya waktu yang tepat untuk menyembelih hewan qurban tersebut? Apakah bisa menyembelih di hari lain selain hari H Iduladha? berikut adalah penjelasannya: Berqurban  memiliki aturan dan ketentuannya tersendiri, Allah SWT berfirman:

لِيَشْهدُوْا مَنَافِعَ َلهُمْ وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللهِ فِي أيَّامٍ مَعْلوْمَاتٍ عَلى مَارَزَقهُمْ مِنْ بَهِيْمَةِ الأنْعَامِ َفكُلوْا مِنْهَا وَأطْعِمُواْ البَائِسَ ْالَفقِيْرَ (الحج : ٢٨)

"Supaya mereka mempersaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan. Atas rezeki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak maka makanlah sebagian daripadanya (dan sebagian lagi) berikan untuk dimakan orang-orang yang sengsara lagi fakir". (Q.S. Al Hajj. 28) Pelaksanaan qurban dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah hingga 13 Dzulhijjah atau Pada hari hari Iduladha dan tiga hari setelahnya,yang biasa disebut dengan hari Tasyrik. Pada hari-hari tersebut, umat Islam dilarang untuk berpuasa.

عَنْ جَبِيْرِ بْنِ مَطعَمْ قَال النبي صلى الله عليه وسلم  كلّ أيَّامِ التَّشْرِيْقِ ذَبْحٌ (رواه احمد)

"Dari Jubair bin Muth’im berkata. Bersabda Nabi SAW seluruh hari Tasyriq merupakan waktu penyembelihan”. (H.R. Ahmad) Demikianlah Allah menentukan waktu untuk berqurban. Waktu yang di tetapkan sebagai pengingat bagi kita untuk senantiasa siap memberikan kebaikan bagi diri kita sendiri dan lingkungan sekitar kita. Kiriman Netizen, Abu Nafiz

Editor: Administrator

Terkini

The Real Supervision: IHSAN

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:54 WIB

Kisah Inspiratif Ibnu Abbas Saat Itikaf

Jumat, 20 Mei 2022 | 17:00 WIB

Abdullah bin Abbas, Guru Umat yang Terpelajar

Jumat, 20 Mei 2022 | 12:00 WIB
X