• Kamis, 7 Juli 2022

Segudang Keuntungan Puasa Ramadhan

- Rabu, 29 Mei 2019 | 08:00 WIB

Bulan Ramadhan yang datang hanya sekali dalam setahun, seharusnya bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh umat muslim. Mengapa? Karena ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan umat muslim di dalamnya. Seperti beberapa keuntungan yang sudah dipaparkan pada artikel sebelumnya.

Namun keuntungan puasa Ramadhan seolah tidak pernah habis untuk dibahas. Segudang keuntungan puasa Ramadhan masih akan menjadi perbincangan kita di hari ke-26 Ramadhan ini. Yuk.. langsung kita bahas aja, keuntungan puasa Ramadhan menjelang detik-detik terakhir kepergianya.

Puasa Ramadhan Menenangkan Jiwa

Jiwa atau batin atau ruh menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari raga manusia. Jika raga harus sehat, maka jiwa pun harus tenang. Maka jiwa raga menjadi sehat lahir batin, insya Allah. Ini dia beberapa keuntungan puasa Ramadhan yang bisa menenangkan jiwa guys..

1. Hawa Nafsu dan Syahwat Terkendali

Hawa nafsu adalah inti dari keinginan-keinginan manusia yang negatif, sehingga memunculkan kecenderungan untuk melakukan keburukan. Sedangkan syahwat adalah hawa nafsu yg lembut yang berpotensi keburukan. Namun lebih khusus kepada rofats (birahi).

Nah, di bulan Ramadhan ini.. setiap orang yang berpuasa cenderung lebih bisa menahan hawa nafsu dan syahwatnya. Sebab memang untuk tujuan itulah salahsatunya, puasa diwajibkan untuk umat muslim. 

2. Hati Berdzikir dan Akal Berpikir Jernih

Nuansa kondusif yang terbentuk di bulan Ramadhan, mendorong umat muslim untuk selalu berdzikir kepada Allah. Sebeb ibadah puasa yang dijalankan, dimulai sejak adzan subuh berkumandang hingga terbenamnya matahari. Seharian ibadah puasa dijalankan, seharian juga umat muslim akan ingat bahwa dirinya sedang melaksanakan perintan Allah. 

Puasa juga mampu membuat seseorang untuk berpikir jernih. Karena hati dan pikiranya cenderung berada dalam kondisi yang tenang. 

3. Mencegah Kesombongan

Sombong adalah salah satu sifat yang kerap kali hadir dalam pribadi seseorang, baik secara sadar ataupun tidak disadari. Namun puasa mampu mencegah kesombongan hadir pada diri seseorang. Saat puasa, umat muslim akan merasakan betapa lemah dirinya dihadapan Tuhan. Tak kuasa untuk makan dan minum, atau melakukan perbuatan apapun yang pada saat itu tidak diperbolehkan oleh Allah.

Sesungguhnya, hanya Allah yang berhak memiliki sifat sombong. Karena memang seluruh yang ada di dunia ini adalah milik Nya, bukan milik kita.

4. Melatih Kesabaran

Puasa melatih kesebaran, yah ini sudah pasti bisa dimiliki setiap muslim yang menjalankan puasa. Di bulan Ramadhan umat muslim dilatih untuk sabar menahan lapar, haus, hawa nafsu dan syahwat. 

Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bersabar. Maka mari kita bentuk pribadi kita agar senantiasa menjadi orang-orang yang sabar. Sehingga termasuk ke dalam daftar orang-orang yang dicintai Allah. Masya Allah.

Jangan Lewatkan Keuntungan Puasa Ramadhan 

Begitu banyak keuntungan atau keutamaan puasa Ramadhan yang bisa didapatkan umat muslim. Sehingga rugilah orang-orang yang tidak mendapatkanya. 

Yuk kita kejar semua keuntungan puasa Ramadhan, agar kita menjadi orang-orang yang beruntung, dihadapan Allah juga dihadapan makhluk Nya. (Ires)

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

The Real Supervision: IHSAN

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:54 WIB

Kisah Inspiratif Ibnu Abbas Saat Itikaf

Jumat, 20 Mei 2022 | 17:00 WIB

Abdullah bin Abbas, Guru Umat yang Terpelajar

Jumat, 20 Mei 2022 | 12:00 WIB
X