• Senin, 27 Juni 2022

Jangan Lewatkan Banyak Keuntungan Saat Puasa Ramadhan!

- Jumat, 17 Mei 2019 | 09:52 WIB
keuntungan berpuasa
keuntungan berpuasa

Seluruh umat muslim tahu kalau puasa merupakan aktivitas menahan diri dari lapar, haus dan berhubungan badan suami istri. Dimulai sejak terbitnya fajar atau adzan shubuh sampai terbenam matahari atau adzan maghrib berkumandang. Sekilas sih, kayak merugikan yaa, karna gak bisa makan dan minum di siang hari.
Tapi, tau gak sih ternyata dibalik itu ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh diri yang berpuasa. Waaah kalau udah bahas untung, apalagi keuntungan untuk diri sendiri.. pasti menarik banget nih.  Siapa sih orang yang mau rugi di dunia ini? Pasti semuanya mau untung dooong.
Nah.. ini dia keuntungan yang bisa didapatkan kalau kamu mengerjakan puasa di bulan Ramadhan. Apa aja?

Keuntungan Untuk Diri Jika Berpuasa Ramadhan

1. Rasa Bersyukur

-
Rasa bersyukur ini didapatkan oleh orang yang berpuasa, karna dirinya bisa lebih berterima kasih atas makanan yang biasa dikonsumsi setiap hari. Rasa syukur ini akan membuat dirinya selalu menghargai rezeki yang dimiliki, tidak menghinanya, atau bahkan menolaknya.
Puasa adalah ibadah spesial untuk Allah. Karena itu penerapan syukur kita kepada Allah akan bernilai tinggi jika diterapkan pada ibadah puasa.

2. Menambah Kepercayaan

-
Orang yang berpuasa Ramadhan akan bertambah kepercayaanya kepada Allah. Bahwa puasa yang dilaksanakan adalah perintah Allah. Rezeki untuk sahur dan berbuka adalah pemberian Allah.
Biasanya, seseorang akan percaya kepada orang lain jika satu sama lain saling percaya. Tetapi terkadang kepercayaan itu sirna jika salah satu menghianati.
Puasa adalah ibadah untuk Allah yang mana Allah mustahil berkhianat kepada kita. Tetapi sebaliknya kita kadang berkhianat kepada Allah. Dengan puasa, kepercayaan kita kepada Allah akan semakin bertambah, sehingga suatu saat kita tidak berkhianat lagi.

3. Menjaga Kesehatan

-
Sudah pasti, kesehatan tubuh saat puasa Ramadhan menjadi salah satu keuntungan bagi orang yang berpuasa. Karena di waktu ini, sistem pencernaan diberi waktu untuk beristirahat dari aktivitasnya yang terus menerus, selama 11 bulan lamanya tanpa henti. Kalau diri kita terlalu lelah, pasti butuh istirahat. Nah, begitu juga dengan sistem pencernaan di dalam tubuh kita.

4. Jalan Menuju Taqwa

-
Taqwa merupakan derajat tertinggi seorang manusia di mata Allah. Jalan menjadi taqwa adalah dengan mengerjakan setiap perintah Allah dan tidak melakukan hal-hal yang dilarang Allah. Pengendalian diri saat puasa Ramadhan, menjadi salah satu jalannya. Seberapa nurut sih kita kepada perintah dan larangannya?

Rugi Banget Kalau Gak Puasa Ramadhan

-
Nah guys, beberapa point di atas adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapet kalau kamu mengerjakan puasa Ramadhan. Bayangkan kalau puasa Ramadhan gak ada!
Hidup akan terus mengeluh karna gak punya rasa syukur. Kepercayaan sama Allah cuma segitu gitu ajah, alias gak ada peningkatan. Tubuh jadi sakit. Dan kita gak akan bisa jadi orang bertaqwa.
Waduuuh rugi bandar nih kalau nasibnya kayak gitu. Tapi untungnya.. Allah memerintahkan kita untuk puasa Ramadhan. Jadi, kita bisa mendapatkan berderet keuntungan yang disebutin di atas. Semangat terus puasa Ramadhanya yah guuuys.. (Ires)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

The Real Supervision: IHSAN

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:54 WIB

Kisah Inspiratif Ibnu Abbas Saat Itikaf

Jumat, 20 Mei 2022 | 17:00 WIB

Abdullah bin Abbas, Guru Umat yang Terpelajar

Jumat, 20 Mei 2022 | 12:00 WIB
X