• Senin, 27 Juni 2022

Pelaksanaan Shaum Ramadhan Pertama Kali Di Dunia

- Selasa, 7 Mei 2019 | 21:23 WIB
sejarah shaum di bulan ramadhan
sejarah shaum di bulan ramadhan

Tahun ini, seluruh muslim di dunia tengah melaksanakan ibadah shaum Ramadhan. Tapi tahukah kamu, dalam sejarah shaum Ramadhan, sebelum umat muslim di seluruh dunia melaksanakan shaum seperti yang kita saksikan hari ini, ada segelintir umat muslim yang pertama kali melaksanakanya? Pelaksanaan shaum Ramadhan, bukan sebuah peristiwa atau kejadian yang tiba-tiba. Bukan juga peristiwa yang kebetulan atau hanya iseng saja. Tetapi ada proses panjang yang membentuk pelaksanaan shaum seperti yang kta lakukan hari ini. Proses panjang ini dikenal dengan sejarah pelaksanaan shaum Ramadhan. Gimana sih proses awal terbentuknya pelaksanaan shaum hingga shaum Ramadhan menjadi salah satu ibadah yang hingga kini konsisten dikerjakan oleh seluruh muslim di dunia? Sebelum membahas tentang itu, penting untuk dipahami bahwa pelaksanaan shaum Ramadhan adalah perintah Sang Maha Berkuasa Allah SWT, dan bukan merupakan kegiatan tahunan semata.

Sejarah Shaum Ramadhan Berawal di Bulan Sya'ban

-
Sejarah shaum Ramadhan berawal dari perintah Allah yang sampai kepada Nabi Muhammad SAW pada hari Senin, 2 Sya'ban Tahun 2 Hijriyah, (Dikutip dari pernyatan Syekh Mustafa Abdul Aziz Ath Tholabulusi dalam kitab Ash Shiyam). Saat perintah itu sampai, Nabi Muhammad SAW. sedang berada di Kota Madinah, Negara Arab Saudi. Jika pelaksanaan shaum dilakukan pada bulan berikutnya, yaitu bulan Ramadhan, mengapa perintah itu turun pada bulan Sya’ban? Inilah uniknya pelaksanaan shaum Ramadhan. Berbeda dengan perintah atau syariat lainnya yang harus dilaksanakan saat itu juga. Pada perintah shaum ini, Allah memberikan waktu satu bulan kepada Nabi Muhammad untuk mempersiapkan pelaksanaan shaum. Persiapan yang dilakukan adalah dengan menyampaikan ilmu yang berkaitan dengan pelaksanaan shaum Ramadhan pada umat muslim yang ada saat itu. Sehingga jelas, jika mencari ilmu yang berkaitan dengan pelaksanaan shaum Ramadhan, sudah harus disiapkan minimal di satu bulan sebelum bulan Ramadhan tiba.

Kota Madinah, Tempat Pelaksanaan Shaum Ramadhan Pertama Kali

-
Umat muslim di Kota Madinah adalah umat muslim pertama yang melaksanakan shaum Ramadhan. Tepatnya pada tanggal 1 Ramadhan Tahun 2 Hijriyah. Kurang lebih sekitar 1.438 tahun yang lalu. Umat Islam yang mengikuti proses shaum Ramadhan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mulai dari mempersiapkan ilmu di bulan Sya’ban hingga mengamalkannya di bulan Ramadhan, berarti telah mengikuti sunat Rasul sebagaimana yang umat muslim Kota Madinah laksananakan. Apa saja ilmu yang harus disiapkan umat muslim menjelang datangnya bulan Ramadhan? Banyak banget. Mulai dari mengatahui : siapa aja sih orang yang wajib shaum Ramadhan? Apa saja sih syarat agar shaumnya sah? Apa yang membatalkan shaum? dan masih banyak lagi ilmu lainya yang harus diketahui umat muslim tentang persiapan menghadapi shaum Ramadhan. Ternyata bukan hanya perform, atau ujian nasional atau presentasi di depan banyak orang aja yah yang butuh persiapan.. Mau shaum selama satu bulan juga perlu disiapkan loooh. Jadi, gimana persiapanmu menghadapi bulan Ramadhan kali ini? (Ires)  https://youtu.be/6EUYIk-P6rA

Ngaderes.com

-

Alamat : Jalan Taman Saturnus Raya No.35, Bandung Telpon : ‎+62 22 87314168

Editor: Administrator

Tags

Terkini

The Real Supervision: IHSAN

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:54 WIB

Kisah Inspiratif Ibnu Abbas Saat Itikaf

Jumat, 20 Mei 2022 | 17:00 WIB

Abdullah bin Abbas, Guru Umat yang Terpelajar

Jumat, 20 Mei 2022 | 12:00 WIB
X