Kajian Ramadhan Singkat: Kisah Hebat Shalahuddin Al Ayubi

- Rabu, 12 April 2023 | 16:00 WIB
Kajian Ramadhan Singkat: Kisah Hebat Shalahuddin Al Ayubi  (Ilustrasi Canva)
Kajian Ramadhan Singkat: Kisah Hebat Shalahuddin Al Ayubi (Ilustrasi Canva)

ngaderes.com - Kajian Ramadhan Singkat kali ini kita akan membahas tentang Kisah Hebat Shalahuddin Al Ayubi. Shalahuddin Al Ayubi adalah salah satu tokoh Muslim yang sangat dikenal di dunia. Ia merupakan seorang panglima perang dan pemimpin yang dikenal sebagai pahlawan Muslim pada masa Perang Salib.

Nama Shalahuddin Al Ayubi menjadi terkenal di seluruh dunia karena keberaniannya dalam memimpin tentara Muslim untuk melawan pasukan salib.

Shalahuddin Al Ayubi dilahirkan pada tahun 1137 M di Tikrit, Iraq. Ayahnya adalah seorang pejuang yang terkenal dan dihormati di wilayah tersebut.

Baca Juga: Kajian Ramadhan Singkat: Kisah Dakwah Nabi Hud a.s

Kisah Hebat Shalahuddin Al Ayubi memulai kariernya sebagai tentara pada usia yang masih sangat muda, dan dengan cepat menunjukkan bakatnya sebagai seorang pemimpin dan pejuang yang ulung.

Pada tahun 1187 M, Kisah Hebat Shalahuddin Al Ayubi memimpin pasukan Muslim untuk merebut kembali kota suci Yerusalem dari pasukan salib Kristen. Pasukan Salib Kristen dipimpin oleh Raja Richard dari Inggris. Perang ini dikenal sebagai Pertempuran Hattin. Shalahuddin Al Ayubi berhasil memenangkan pertempuran ini dan merebut kembali Yerusalem dari pasukan salib Kristen.

Shalahuddin Al Ayubi juga terkenal karena sifatnya yang adil dan bijaksana dalam memerintah. Ia memperhatikan kesejahteraan rakyatnya, membangun masjid dan lembaga pendidikan, serta mempromosikan perdamaian dan toleransi antaragama. Ia juga dikenal sebagai seorang pemimpin yang rendah hati dan dermawan.

Baca Juga: Kisah Sahabat Nabi Imran bin Hushain, Menyerupai Malaikat

Kisah Hebat Shalahuddin Al Ayubi juga tercatat dalam sejarah ketika ia memerintahkan agar pasukan Muslim memberikan makanan dan minuman kepada pasukan Kristen yang terjebak di Yerusalem setelah kota itu direbut kembali. Tindakan tersebut menunjukkan betapa besar sifat kemanusiaannya.

Shalahuddin Al Ayubi meninggal dunia pada tahun 1193 M di Damaskus, Suriah. Warisannya sebagai seorang pemimpin, pejuang, dan teladan bagi umat Islam, terus dikenang dan dihormati hingga saat ini.

Pantengin terus Kajian Ramadhan Singkat selama bulan Ramadhan 1444H/2023M hanya di ngaderes.com!***

Editor: Dita Fitri Alverina

Sumber: berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Hijrah Nabi Muhammad ke Madinah

Kamis, 25 Mei 2023 | 12:10 WIB

Ini 7 Adab Seorang Muslim di Pagi Hari

Rabu, 24 Mei 2023 | 10:00 WIB

Habib Ja'far: Jangan Tanya Kapan Kiamat!

Kamis, 11 Mei 2023 | 22:16 WIB

Teladan Kisah Abdurrahman bin Auf Part 1

Kamis, 11 Mei 2023 | 12:10 WIB

Begini Adab Bangun Tidur dalam Islam

Rabu, 10 Mei 2023 | 09:00 WIB

Memaknai Momen Mudik Lebaran

Senin, 24 April 2023 | 12:30 WIB

Tata Cara Pelaksanaan Salat Idulfitri Lengkap

Kamis, 20 April 2023 | 12:10 WIB

Kajian Ramadhan Singkat: Memaknai Takbiran

Rabu, 19 April 2023 | 15:00 WIB

Ramadhan di Kota Mosul Irak Bertabur Momen Spesial

Kamis, 13 April 2023 | 12:10 WIB
X