Kesehatan mental

Ngaderes.com – Mental, jiwa, bathin bagian dari diri manusia yang tidak tampak secara fisik. Perlu loh untuk menjaga kesehatan mental itu. Sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik.

Untuk mengetahui kesehatan mental diri, kita perlu melakukan mental health checklist. Yaitu sebuah aktivitas menceklis daftar beberapa perubahan yang terjadi pada diri kita.

“Ada beberapa aspek perubahan yang bisa terjadi jika mental seseorang sedang tidak baik-baik saja,” papar seorang Psikolog Mariska Rompis saat menjadi pembicara di acara It’s Ok Not To Be Ok, di Landmark Braga, Minggu (08/12/12).

Mengenal Perubahan pada Kesehatan Mental

Pertama, perubahan pada aspek kognisi, seperti mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi, mengingat, membuat keputusan dan memecahkan masalah.

Kedua, perubahan pada aspek emosi, seperti mudah tersinggung atau marah, lebih banyak menangis, mengekspresikan emosi secara berlebihan, merasa hampa, mencemaskan banyak hal, dan merasa gelisah tanpa alasan yang jelas.

Ketiga, perubahan pada aspek perilaku, seperti makan lebih sedikit atau lebih banyak dari biasanya, kesulitan atau terlalu banyak tidur, menarik diri dari keluarga dan atau teman-teman, tidak lagi atau mengurangi melakukan hobi, kesulitan untuk pergi sekolah atau kuliah atau bekerja, dan kesulitan mengontrol perilaku yang tidak sehat (contoh: merokok, minum minuman beralkohol).

Keempat, perubahan pada aspek fisiologis, seperti rasa sakit pada anggota tubuh tertentu atau gangguan fungsi metabolisme yang tidak dapat dijelaskan secara medis dan kekurangan atau kelebihan energi tanpa alasan.

Luangkan Waktu untuk Evaluasi Diri

“Selain itu, evaluasi juga kegiatan apa saja yang sudah kamu lakukan? Karna hal itu bisa menjadi faktor perubahan mental terjadi dalam diri,” jelas wanita yang akrab disapa Mba Cika, masih di acara yang diselenggarakan oleh Komunitas Literasi Siloka dan Komunitas Amstrong.

Gimana kawan, adakah perubahan kesehatan mental yang terjadi dalam diri kamu? Nah, ayo luangkan waktu kita untuk sejenak mengevaluasi diri, bagaimana kesehatan mental dan fisik kita? Jika dirasa ada yang berubah dari yang seharusnya, segera sadari dan perbaiki!

Reporter: Intan Resika
Editor: Intan Resika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here