Ramadan

Ngaderes.com – Bulan Ramadan itu berkah. Saat waktu selama bulan Ramadan, 24 jam perharinya digunakan untuk ibadah. Baik ibadah ubudiyah seperti sholat, puasa dan tadarus Al Quran. Ataupun ibadah muamalah atau ibadah yang sifatnya hubungan sesama manusia. Seperti berbagi dengan sesama yang dinamakan sedekah, infak dan zakat, berbuat baik, berkarya, silaturahmi atau main bersama teman, tetangga, keluarga dan kegiatan baik lainya.

Bulan Ramadan itu rahmat. Sangat berlimpah rahmat atau kasih sayang Allah untuk umat manusia yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Bukti kasih sayang Allah adalah, Dia memberikan pelaksana puasa banyak sekali pahala. Pahala dalam kehidupan sehari-hari ibarat manusia yang mendapatkan hadiah. Khusus hanya di bulan Ramadan, Allah berikan hadiah berlipat-lipat. Seperti masa promo belanja gratis kalau kita lagi asyik berburu belanjaan di marketplace atau online shop.

Bulan Ramadan itu bulan ampunan. Ya, pasti setiap manusia pernah melakukan kesalahan dalam hidupnya. Di bulan Ramadan inilah Allah sediakan waktu khusus untuk kita yang pernah melakukan kesalahan, meminta ampun, memohon ampun, agar Allah mau memaafkan kesalahan yang pernah kita perbuat. Agar Allah mau mengampuni kesalahan kita.

Seperti saat kita berbuat salah pada teman kita, alangkah bahagianya jika pada saat kita meminta maaf, teman kita memaafkan. Seperti itu juga lah rasa yang bisa didapatkan seseorang yang Allah ampuni kesalahanya. Sangat bahagia.

Alasan-alasan itulah yang membuat orang-orang yang beriman kepada Allah dan Nabi Muhammad rosulullah, menantikan bulan ini yang hanya 1 bulan dari 12 bulan dalam setiap tahunnya.

Perintah Puasa atau Shaum Ramadan

Allah Subhanahu wa Ta’ala menyampaikan:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

“Hai orang-orang yang beriman! Kamu wajib berpuasa, seperti diwajibkan kepada orang-orang yang hidup sebelum kamu agar kamu bertakwa,” QS. Al-Baqarah [2]: 183.

Ayat tersebut menjelaskan bahwa saat Ramadan tiba, setiap orang yang beriman diperintahkan untuk melaksanakan Ibadah shaum atau puasa satu bulan penuh. Selain itu, Allah memerintahkan agar shaum kita mampu menjadikan kita seorang manusia yang bertakwa.

“Takwa adalah sebuah konsep hidup dimana manusia mau menta’ati atau mengerjakan perintah Allah dan menjauhi hal-hal yang dilarang Allah. Namun, jika saat mengerjakan perintah dan tidak mengerjakan larangan-Nya kita mendapat ujian atau tantangan, kita bersabar,” ujar ustadz Hanan Attaki dalam ceramahnya.

Penulis: Ustadzah Wulandari Ribbiyyun
Editor: Intan Resika

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here