manfaat minum air
Foto: pexels.com/catscoming

Tips – Bukan hanya menghilangkan dahaga, tapi manfaat minum air putih untuk kesehatan dan kebugaran tubuh sangatlah banyak. Tubuh kita sekitar 60-70% mengandung air, oleh karena itu mengonsumsi air putih/mineral sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh kita.

Kita disarankan mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter setiap harinya. Dan dianjurkan mengonsumsi air putih lebih banyak jika mengalami beberapa kondisi, seperti berolahraga, cuaca panas, ketika demam, diare.

Kali ini kita akan membahas tentang beberapa manfaat minum air putih untuk kesehatan, yuk simak!

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Berdasarkan sebuah penelitian baru-baru ini, manfaat minum air cukup efektif dalam membantu tubuh menurunkan berat badan. Minum lebih banyak air sebelum makan, mengisi perutmu cepat kenyang, dan akhirnya membuatmu makan lebih sedikit dari biasanya.

Namun, jika kamu minum lebih dari 3 liter sepanjang hari, ini akan membuatmu merasa lapar. Rehydrating (terpenuhi asupan cairan tubuh) juga memungkinkan metabolisme tubuhmu lebih baik.

 

2. Memungkinkan Kamu Mengetahui Benar-Benar Lapar

Minum air tiap sebelum makan, bisa membantu merasa kenyang lebih cepat. Namun, air juga bisa membantumu menentukan apakah kamu benar-benar lapar atau sekedar haus saja.

Terkadang, kamu pikir kamu lapar dan juga sangat haus. Bila kamu merasakan gejala kelaparan, seperti pusing, lemas, perut gemetar, usahakan minum air dulu untuk mengetahui apakan kamu benar-benar lapar atau sekedar haus.

 

3. Meningkatkan Energi Tubuh

manfaat minum air
Foto: pexels.com/andrea

Minumlah air untuk meningkatkan energi tubuh ketika berolahraga. Jika kita memiliki banyak energi, kamu bisa melakukan latihan yang cukup berat agar terus membakar kalori dan lemak berlebih yang ada pada tubuh.

Lebih banyak air dalam tubuh juga membantu menjaga pikiran dan konsentrasi lebih fokus. Dan bermanfaat juga mengangkut lebih banyak nutrisi dan oksigen ke otot dan otak.

Ketika sedang berlatih atau berolahraga, usahakan tubuh tetap terhidrasi. Selain menambah kesegaran, kamu juga akan memperoleh energi tambahan untuk menjalani aktivitas selanjutnya.

 

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuhmu

Minum air sesuai kebutuhan tubuhmu bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar kalori. Ini karena setiap kali kamu minum atau makan, tubuhmu harus bekerja lebih keras untuk memproses apapun yang masuk. Hal ini mengakibatkan metabolisme tubuh meningkat saat kamu minum lebih banyak air.

Dalam sebuah penelitian, partisipan yang meminum 16 ons air memperoleh peningkatan metabolisme sebesar 30%. Para peneliti mengatakan bahwa menambah asupan air sebesar 1,5 liter per hari dapat membakar kalori hingga 200 kalori.

 

5. Mengurangi Kebiasaan Minum Minuman Tidak Sehat

Foto: www.osfhealthcare.org

Jika kamu minum air putih lebih banyak, maka kamu sudah berusaha mengurangi hasrat untuk minum soda dan minuman lainnya yang berkalori tinggi. Ada baiknya untuk meningkatkan konsumsi air putih dan kurangin minuman bersoda dan kopi.

 

6. Menurunkan Berat Badan dan Tetap Proporsional

Seperti yang disebutkan di atas, sebuah studi baru-baru ini menyatakan bahwa minum banyak air dapat membantu menurunkan berat badan dan mempertahankannya selama satu tahun.

Studi tersebut melibatkan beberapa pria dan wanita dengan berat badan berlebih, dengan mengonsumsi dua gelas delapan ons air putih sebelum minum. Dan hasilnya bisa turun rata-rata 2,04 kilogram lebih banyak dalam waktu tiga bulan dibandingkan mereka yang tidak minum air putih sebelum makan.

Masing-masing partisipan menjalankan program diet 1.200 kalori per hari untuk wanita dan 1.500 kalori per hari untuk pria. Hasil dari penelitian ini menunjukkan setelah satu tahun, partisipan kehilangan berat badan dan terus berangsur-angsur menurun.

Kelompok yang minum air putih sebelum makan, rata-rata kehilangan bobot 2 kilogram setelah satu tahun. Sedangkan kelompok yang tidak minum air memperoleh rata-rata 1,5 kilogram.

Cara penurunan berat badan ini disebabkan oleh asupan air sebelum makan, yang juga menurunkan jumlah makanan yang dimakan oleh partisipan.

 

7. Minum Air Murni dan Bersih

manfaat minum air
Foto: pexels.com/suzy hazelwood

Kualitas air yang diminum juga penting untuk menjaga kesehatanmu keseluruhan. Murni dan bersih serta mengandung mineral penting dibutuhkan tubuh agar tetap sehat dan bugar. Kamu bisa mencoba sistem penyaring air yang sehingga bisa merasakan air sehat setiap saatnya. (df/berbagai sumber)

Penulis: Dita Fitri Alverina

Editor: Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here