GO-JEK
Sejarah Berdirinya GO-JEK

Ngaderes.com – GOJEK didirikan oleh Nadiem Makarim, warga negara Indonesia lulusan Master of Business Administration dari Harvard Business School. Saat itu, Nadiem masih bekerja sebagai Co-Founder dan Managing Director Zalora Indonesia & Chief Innovation Officer Kartuku.

Asal-Usul GOJEK

Sebagai seseorang yang sering menggunakan transportasi ojek, Nadiem melihat waktu yang dihabiskan oleh pengemudi ojek hanyalah sekadar mangkal menunggu penumpang datang. Padahal, pengemudi ojek akan mendapatkan penghasilan lebih banyak bila terus mencari penumpang.

Selain itu, ia melihat ketersediaan jenis transportasi ini tidak sebanyak transportasi lainnya sehingga sering kali cukup sulit untuk dicari. Ia menginginkan ojek yang bisa ada setiap saat dibutuhkan. Dari pengalamannya tersebut, Nadiem Makarim melihat adanya peluang untuk membuat sebuah layanan yang dapat menghubungkan penumpang dengan pengemudi ojek,yaitu GOJEK.

Baca Juga,Tips Aman Menghadapi New Normal!

Berdirinya GOJEK

Pada tanggal 13 Oktober 2010, GOJEK resmi berdiri dengan 20 orang pengemudi dan saat itu, masih mengandalkan call center untuk menghubungkan penumpang dengan pengemudi ojek. Ketika Pertengahan 2014 Nadiem Makarim mulai mendapatkan tawaran investasi dan Akhirnya ditahun 2015 meluncurkan aplikasi berbasis Android & IOS untuk menggantikan sistem pemesanan menggunakan call center yaitu, GOJEK.

GOJEK mengumumkan kerja sama dengan perusahaan taksi Blue Bird pada Mei 2016. Melalui kerja sama tersebut, GOJEK membuatkan aplikasi untuk pengemudi Blue Bird dan mulai Januari 2017 pengemudi Blue Bird bisa menerima pemesanan dari layanan Gocar milik GO-JEK. Pada Maret 2017, kedua perusahaan tersebut meningkatkan kerja samanya dengan meluncurkan fitur GO-Blue Bird. Melalui fitur tersebut, pengguna bisa langsung memesan taksi Blue Bird di aplikasi ini, tidak akan mendapatkan mitra pengemudi lain seperti ketika melalui GOCAR. Di Singapurauga menjalin kerjasama dengan layanan taksi lokal bernama Trans-Cab.

Baca Juga, 5 Ide Konten Instagram yang Wajib Harus Coba!

Writer: Winaldi Wijaya
Editor : Fierza Luthfi Avjadistia

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here