Industri Mode Turki
Ibu Negara Turki, Emine Erdoğan memberikan karangan bunga kepada Co-founder brand pakaian Indonesia Markamarie, Franka Soeria di Acara Fashion Event, Ankara, Turki. Rabu, 7 April 2021 (Sumber foto: dailysabah.com)

ngaderes.com — Ibu kota Turki, Ankara, menyelenggarakan acara mode hibrida selama dua hari dengan memperkenalkan tujuh merek Indonesia, yang bertujuan mendekatkan industri mode Turki dan Indonesia.

Peragaan busana yang berlangsung selama dua hari yaitu pada 7-8 April 2021 di Ibu Kota Turki, Ankara menghadirkan merek-merek feysen terpilih dari Indonesia. Acara tersebut juga dihadiri oleh Ibu Negara Turki, Emine Erdoğan, yang menunjukkan ketertarikan besar pada berbagai karya yang dibuat oleh para desainer. Selain ibu negara, pasangan Menteri Luar Negeri Mevlüt Çavuşoğlu, Ketua Parlemen Mustafa Şentop dan Menteri Perindustrian dan Teknologi Mustafa Varank juga hadir sebagai tamu acara tersebut.

Sebelum acara dimulai, sekelompok musisi menampilkan pertunjukan musik menggunakan alat musik tradisional Indonesia Angklung, yang terdiri dari berbagai macam tabung bambu yang dipasang pada rangka bambu.

Co-founder brand pakaian Indonesia Markamarie, Franka Soeria, juga melakukan presentasi yang menampilkan berbagai jenis motif dan kain Indonesia, termasuk Batik, yaitu seni membuat desain pada kain dengan bantuan lilin.

“Ini kan teaser, jadi dalam waktu dekat kami akan membuka showroom brand Indonesia,” kata Soeria kepada Daily Sabah. “Yang kami bawa adalah brand ready-to-wear, tapi ke depannya kami ingin punya hub di sini. Showroom akan dibuka bekerjasama dengan kedutaan dan akan berada di lokasi di mana semua orang dapat memeriksa dan melihat merek Indonesia. ”

“Kami tahu betapa menakjubkannya feysen Turki, jadi kami ingin mengatakan ‘mungkin Anda juga akan menyukai feysen kami,” tambahnya.

Soeria menggarisbawahi bahwa pasar utama mereka adalah Turki. “Setelah ini, kami juga akan pergi ke negara lain, tetapi Turki adalah prioritas kami karena kesamaan (budaya) kami.”

“Turki dikenal dengan pabrikannya yang kuat dan karena itu menjadi salah satu pemasok mode terbesar di dunia,” kata sebuah pernyataan dari kementerian tersebut. “Indonesia dikenal dengan langkah progresifnya dalam industri mode sederhana melalui inovasi dan program desain.”

“Negara ini memiliki ribuan merek, kebanyakan dari mereka berfokus pada pembuatan pakaian tertutup untuk tampilan yang sederhana. Acara dan inisiatif di sektor ini diluncurkan setiap hari, dari satu kota ke kota lain di seluruh negeri, ”tambahnya, seraya mengatakan bahwa, bagaimanapun, pandemi telah menghantam industri mode juga, seperti yang terjadi di banyak sektor.

“Jika menurut kami ada dua bentuk diplomasi – diplomasi formal dan diplomasi informal – ini adalah diplomasi informal. Berkat peragaan busana ini, para wanita Turki semakin mengenal budaya, karakter etnis, produk Indonesia, sedangkan di sisi lain, kami lebih memahami seperti apa saudara-saudara kita di Turki, ”Lalu Muhamad Iqbal, Duta Besar Indonesia untuk Turki , kepada Daily Sabah.

Semua tindakan pencegahan yang diperlukan telah diambil untuk memastikan acara tersebut aman untuk semua, Iqbal mengatakan mereka memiliki proyek lebih lanjut dan berharap acara ini akan berfungsi sebagai platform untuk memulai bisnis di daerah tersebut.

KBRI Ankara dan Markamarie yang dikenal sebagai agregator modest feysen di Asia Tenggara bertujuan untuk menjalin hubungan yang lebih erat antara kedua negara melalui feysen.

Di antara tujuh merek yang ikut serta dalam pertunjukan tersebut adalah Elzatta, pelopor merek feysen sederhana dengan ratusan toko, Wearing Klamby, merek dengan keterlibatan tinggi dengan 1,6 juta pengikut, dan Medina Zein, merek urban sederhana yang dipimpin oleh pengusaha terkenal yaitu Medina Zein.

Merek-merek tersebut membuat koleksi khusus untuk dipamerkan di acara tersebut, sementara para undangan berkesempatan untuk melihat dan membeli produknya setelah perhelatan.

Sebagai pasar feysen terbesar di dunia Muslim, Turki dan Indonesia dapat memberikan peluang besar untuk kolaborasi dan usaha patungan dalam desain dan tekstil. ()

Sumber: dailysabah.com

Editor: ditafalv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here