Masjid Tegalsari dan Makam Kyai Ageng Mohammad Besari, Wisata Religi Tersohor di Ponorogo

- Minggu, 22 Mei 2022 | 13:27 WIB
Masjid Tegalsari dan Kyai Ageng Mohammad Besari, Wisata Religi di Ponorogo. (Sumber foto: Najih Muhammadiy/Disbudparpora Kabupaten Ponorogo)
Masjid Tegalsari dan Kyai Ageng Mohammad Besari, Wisata Religi di Ponorogo. (Sumber foto: Najih Muhammadiy/Disbudparpora Kabupaten Ponorogo)

ngaderes.comTegalsari dibabad dan kemudian didirikan sebagai sebuah pesantren oleh Kyai Ageng Mohammad Besari, yang dari ibunya merupakan cicit dari Sunan Ampel, dan dari ayahnya mengalir darah raja Majapahit.

Kyai Ageng Mohammad Besari selanjutnya berhasil mendidik anak cucunya menjadi kyai-kyai besar.

Pesantren Tegalsari mengalami masa jaya di bawah asuhan Kyai Ageng Kasan (Hasan) Besari, cucu dari Kyai Ageng Mohammad Besari. Pada saat itu, santri Tegalsari mencapai jumlah belasan ribu dan berasal dari seantero nusantara.

Baca Juga: Kisah Inspiratif Ibnu Abbas Saat Itikaf

Sanad keilmuan Islam Tegalsari Nasab Guru Bangsa

Anda mengenal Pondok Pesantren Tremas di Arjosari, Pacitan? Ya, Desa Tremas, yang merupakan kampung halaman orangtua Presiden RI ke-6, Soesilo Bambang Yudhoyono, terdapat salah satu perguruan Islam tertua. Pendirinya, Kyai Abdul Manan Dipomenggolo, merupakan seseorang yang nyantri di Tegalsari.

Alkisah, Kyai Ageng Mohammad Besari lah yang suatu malam melihat fadhilah (keutamaan) Abdul Manan muda yang wajahnya bersinar terang saat tengah tidur malam.

Ilmu yang didapat Abdul Manan muda dari nyantri di Tegalsari menjadi bekalnya mendirikan pesantren di daerah Manten, sebelum akhirnya oleh cucunya dipindah ke Arjosari.

Dari Kyai Abdul Manan ini kemudian muncul kyai-kyai besar, yang salah satunya ialah Syekh Mahfud At-Turmusi, cucu Kyai Abdul Manan yang menjadi imam Mekkah. Dari Syekh Mahfud inilah dua tokoh besar pergerakan Islam nasional; Hadrotussyaikh Hasyim Asy’ari dan Kyai Ahmad Dahlan berguru.

Halaman:

Editor: Intan Resika Rohmah

Sumber: Disbudparpora Kabupaten Ponorogo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menelusuri Jejak Prasejarah di De Tjolomadoe

Rabu, 5 Oktober 2022 | 12:00 WIB

Transformasi Batavia Menjadi DKI Jakarta

Senin, 12 September 2022 | 12:00 WIB

Ini Ternyata Asal Usul Nama Gedung Sate

Kamis, 8 September 2022 | 12:00 WIB

Eksotika Klasik-Modern Stasiun Solo Balapan

Jumat, 26 Agustus 2022 | 12:00 WIB

Sejarah Panjang Monumen Pers Nasional, Yuk Simak!

Selasa, 23 Agustus 2022 | 12:00 WIB

Kisah Heroik Nusaibah binti Kaab di Perang Uhud

Kamis, 21 April 2022 | 10:00 WIB
X