• Sabtu, 25 Juni 2022

Kisah Heroik Nusaibah binti Kaab di Perang Uhud

- Kamis, 21 April 2022 | 10:00 WIB
Ilustrasi Kisah Heroik Nusaibah binti Kaab di Perang Uhud (Canva)
Ilustrasi Kisah Heroik Nusaibah binti Kaab di Perang Uhud (Canva)

ngaderes.com - Nusaibah binti Kaab memiliki kepribadian yang unik dan terhormat dan salah satu wanita pejuang muslim yang hebat. Nusaibah hidup di hati umat Islam seperti obor yang cemerlang.

Dia adalah Nusaibah binti Kaab ibn 'Amr dari kalangan Anshar, yang dikenal sebagai Ummu Imarah. Dia menikah dengan Zaid bin 'Asem sebelum Islam dan telah melahirkan putranya Habeeb dan 'Abdullah. Kemudian, dia menikah dengan mujahid Ghuzayyah bin Amr yang beriman yang menjadi ayah dari Tamim dan Khawlah.

Pelopor Pejuang Wanita

Dia berada di puncak masa mudanya dan baru menjadi pengantin baru ketika dia mendapat kehormatan untuk bertemu Nabi Muhammad SAW di tengah malam di 'Aqabah, Mina bersama dengan delegasi Anshar. Mereka semua memeluk Islam, dan mereka berjanji setia.

Pasal-pasal ikrar 'Aqabah adalah fondasi pertama yang menjadi dasar perubahan besar yang terjadi dalam perjalanan dakwah. Perubahan-perubahan ini termasuk bergerak dari Jihad pasif ke Jihad aktif. Jihad yang tidak terbatas pada medan perang. Melainkan termasuk perang melawan segala macam kemusyrikan, kekafiran, korupsi, dan penyimpangan untuk membangun individu maupun masyarakat yang diridhoi Allah.

Ummu Imarah secara mental, emosional, dan fisik dipenuhi dengan semangat iman dan Islam, sejak duta besar pertama, Mushab bin Umair mulai menyebarkan Islam di Yatsrib (kemudian dikenal sebagai Madinah) dengan tekun. Dengan karunia Allah, Mushab mampu mengubah Yastrib, dengan suku Aws dan Khazrajnya, menjadi penolong Islam dan Rasulnya.

Ada banyak kualitas yang jelas dalam karakternya, yang sebagian besar adalah penyangkalan diri dan perjuangannya di jalan Allah, terlebih lagi dengan pedang.

Ibnu Hajar berkata:

Dia (Ummu Imarah) menyaksikan janji 'Aqabah dan dia juga berjanji setia. Dia berpartisipasi dalam perang Uhud, Hudaibiyah dan Khaybar dan berpartisipasi dalam 'Umrah Al-Qadaa'. Dia juga menyaksikan kemenangan Mekah dan berpartisipasi dalam pertempuran Hunayn dan Yamamah.

Halaman:

Editor: Dita Fitri Alverina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Heroik Nusaibah binti Kaab di Perang Uhud

Kamis, 21 April 2022 | 10:00 WIB

Mengenal KH Hasyim Asy’ari, Tokoh Pendiri NU

Senin, 31 Januari 2022 | 17:00 WIB

Harlah NU 31 Januari, Sejarahnya Bikin Merinding

Sabtu, 29 Januari 2022 | 07:03 WIB

5 Rekomendasi Tempat Wisata Sejarah di Jakarta

Jumat, 28 Januari 2022 | 07:57 WIB

Fakta dan Sejarah Spirit Doll

Selasa, 25 Januari 2022 | 09:40 WIB

Tentang Pesantren: Dari Definisi dan Sejarahnya

Senin, 10 Januari 2022 | 08:59 WIB

Sejarah Hari Ibu, Penuh Perjuangan Untuk Merayakannya

Rabu, 22 Desember 2021 | 09:28 WIB
X