• Sabtu, 25 Juni 2022

Tentang Pesantren: Dari Definisi dan Sejarahnya

- Senin, 10 Januari 2022 | 08:59 WIB
Untitled design (2)
Untitled design (2)

Histori - Pesantren, istilah yang sudah tidak asing bagi seorang muslim. Lembaga pendidikan ini adalah sebuah tempat mengenyam ilmu agama bagi umat muslim yang menggunakan sistem asrama atau boarding school sebagai tempat tinggal murid-muridnya. Tidak hanya itu, pesantren memiliki sistem pendidikan tersendiri di mana para murid tidak hanya mempelajari mata pelajaran kurikulum negara, mereka juga mendapatkan perbekalan ilmu secara Islami. Bahkan, murid-murid di sana memiliki sebutan tersendiri, yaitu santri.

Awal Mula Terbentuknya Pesantren

Catatan sejarah menuliskan bahwa pada zaman Wali Songo (sembilan wali) istilah pondok pesantren mulai dikenal di Indonesia. Syekh Maulana Malik Ibrahim atau lebih dikenal Sunan Ampel mendirikan sebuah padepokan di Ampel, Surabaya dan menjadikan padepokan tersebut sebagai pusat pendidikan di Jawa. Para santri yang berasal dari pulau Jawa datang untuk menuntut ilmu agama di sana. Bahkan di antara para santri ada yang berasal dari Gowa dan Talo, Sulawesi. Hal ini terbilang wajar karena pada waktu itu, padepokan memang didirikan hanya di sekitar tempat kyai menetap. Kemudian, hasil penelitian yang lain menunjukkan cikal bakal pesantren juga ditemukan di daerah-daerah sepanjang pantai utara Jawa, seperti Giri (Gresik), Ampel Denta (Surabaya), Bonang (Tuban), Kudus, Lasem, dan Cirebon. Pada waktu itu, hamparan pantura memang diisi kota-kota kosmopolitan yang menjadi jalur penghubung perdagangan dunia yang juga didwifungsikan sebagai persinggahan para pedagang dan pelancong lainnya yang datang dari jazirah Arab.

Penyebaran Islam

Lalu, para santri yang sudah cukup ilmu di padepokan Sunan Ampel tersebut akhirnya memutuskan pulang kembali ke kampung halaman mereka. Setelah itu, mereka pun menyebarkan ilmu-ilmu agama Islam yang telah dipelajari di wilayah masing-masing. Maka dari itu, sebaran padepokan yang serupa seperti Sunan Ampel alias pesantren mulai berkembang. Contohnya saja, murid dari Sunan Ampel sendiri, yakni Sunan Giri yang mendirikan pesantren Giri Kedaton. Hingga kini, jumlah pesantren di Indonesia semakin banyak. Pendidikan yang mengusung kolaborasi antara pendidikan umum dan islami membuat banyak orang tua tertarik mengirim anak mereka ke boarding school untuk menjadi santri.   Sumber: https://media.neliti.com/media/publications/177493-ID-pondok-pesantren-lembaga-pendidikan-pemb.pdf https://sc.syekhnurjati.ac.id/esscamp/risetmhs/BAB214103110010.pdf https://travel.tempo.co/read/1544945/ini-negara-pertama-dan-terakhir-yang-merayakan-tahun-baru-2022   Penulis: Galuh Budiati Wangsa/Internship Editor: Fahmi Idris/Internship

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

Kisah Heroik Nusaibah binti Kaab di Perang Uhud

Kamis, 21 April 2022 | 10:00 WIB

Mengenal KH Hasyim Asy’ari, Tokoh Pendiri NU

Senin, 31 Januari 2022 | 17:00 WIB

Harlah NU 31 Januari, Sejarahnya Bikin Merinding

Sabtu, 29 Januari 2022 | 07:03 WIB

5 Rekomendasi Tempat Wisata Sejarah di Jakarta

Jumat, 28 Januari 2022 | 07:57 WIB

Fakta dan Sejarah Spirit Doll

Selasa, 25 Januari 2022 | 09:40 WIB

Tentang Pesantren: Dari Definisi dan Sejarahnya

Senin, 10 Januari 2022 | 08:59 WIB

Sejarah Hari Ibu, Penuh Perjuangan Untuk Merayakannya

Rabu, 22 Desember 2021 | 09:28 WIB
X