• Minggu, 14 Agustus 2022

Fatima Al Fihri, Muslimah Pelopor Pendidikan Tinggi Di Dunia

- Rabu, 15 Desember 2021 | 13:37 WIB
Desain tanpa judul
Desain tanpa judul

Histori - Mungkin tokoh satu ini tidak seterkenal tokoh wanita Islam lainnya seperti Khadijah dan Aisyah. Hidup di era kepemimpinan Sultan Idris II, Fatima Al Fihri merupakan tokoh perempuan Islam yang memelopori pendidikan tingkat tinggi di dunia. Perempuan hebat ini tumbuh di lingkungan yang cinta akan ilmu pengetahuan, sehingga tak heran jika ia berjasa di bidang pendidikan. Di sisi lain, Fatima juga berbakat dalam berbisnis dan sukses sebagai pengusaha dengan kekayaan yang melimpah.

Fatima Al-Fihri Membangun Masjid

Walaupun terlahir dari saudagar kaya, Fatima memiliki sifat dermawan dan jiwa sosial yang tinggi. Setelah ayahnya wafat, Ia dan adiknya menggunakan harta kekayaannya untuk membangun masjid. Fatima berhasil membangun masjid Al- Qarrawiyyin di Maroko sedangkan adiknya membangun masjid al-Andalus di Spanyol.

Alih fungsi sebagai Universitas

Awalnya, Pada tahun 859 Masehi atau 254 Hijriah, Fatima membangun mesjid yang diberi nama Al-Qarrawiyyin ini sebagai tempat menimba ilmu agama dan ilmu pengetahuan. Namun, seiring berjalannya waktu banyak orang berbondong-bodong untuk menimba ilmu di sana. Sehingga Fatima kemudian menjadikan mesjid ini sebagai tempat belajar ilmu agama dan pengetahuan untuk semua kalangan. Setelah beberapa dekade, mesjid ini dialih fungsikan oleh Fatima sebagai Universitas dan pusat pendidikan di Maroko. Universitas tersebut merupakan universitas terbesar di Jazirah Arab dan Afrika Utara. Awalnya, Universitas Al-Qarrawiyyin dijadikan sebagai pusat pendidikan agama Islam dan menghafal Al-Quran di dunia. Kemudian, berkembang dengan pengetahuan sehingga mencetak banyak ahli profesi seperti dokter, fisikawan, sastrawan, astronom dan masih banyak lagi. Hebatnya, Universitas Al-Qarrawiyyin ini diakui sebagai Universitas tertua di dunia oleh United Nations Educational Scietific and Cultural Organization (UNESCO). Universitas ini juga dijadikan sebagai model pendidikan di zaman modern. Mulai dari kurikulum, sistem pengajaran, bahkan simbol akademik. Sampai saat ini, Universitas Al-Qarrawiyyin masih berdiri dan terus melahirkan cendekiawan di berbagai bidang ilmu pengetahuan. Begitu besar kecintaannya terhadap ilmu agama dan pengetahuan, harta kekayaan yang Fatima miliki itu ia kontribusikan untuk kepentingan bidang pendidikan. Terlepas perannya sebagai wanita, Fatima berhasil menjadi tokoh Muslimah yang berhasil membawa kemajuan Islam. Sosok di balik Al-Qarrawiyyin ini lantas menjadi simbol Muslimah hebat yang bisa kita jadikan inspirasi. Sumber : https://m.kumparan.com/amp/hijab-lifestyle/fatima-al-fihri-muslimah-yang-membangun-universitas-pertama-dan-tertua-di-dunia-1whsApMK9dC https://nationalgeographic.grid.id/amp/132908969/fatima-al-fihri-perempuan-muslim-pendiri-universitas-pertama-di-dunia?page=3 https://womenlead.magdalene.co/2020/10/21/3-pemimpin-perempuan-islam-dalam-sejarah/   Penulis: Gina Nurulfadilah/Internship Editor: Fahmi Idris/Internship

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

Kisah Heroik Nusaibah binti Kaab di Perang Uhud

Kamis, 21 April 2022 | 10:00 WIB

Mengenal KH Hasyim Asy’ari, Tokoh Pendiri NU

Senin, 31 Januari 2022 | 17:00 WIB

Harlah NU 31 Januari, Sejarahnya Bikin Merinding

Sabtu, 29 Januari 2022 | 07:03 WIB

5 Rekomendasi Tempat Wisata Sejarah di Jakarta

Jumat, 28 Januari 2022 | 07:57 WIB

Fakta dan Sejarah Spirit Doll

Selasa, 25 Januari 2022 | 09:40 WIB

Tentang Pesantren: Dari Definisi dan Sejarahnya

Senin, 10 Januari 2022 | 08:59 WIB
X