• Selasa, 4 Oktober 2022

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Keindahan Alam Anugerah Tuhan Bagi Warga Jawa Timur

- Minggu, 15 Mei 2022 | 14:21 WIB
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. (Sumber foto: malangkab.go.id)
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. (Sumber foto: malangkab.go.id)

ngaderes.comTaman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah Taman Nasional di Jawa Timur, Indonesia, yang terletak di wilayah administratif Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo. Taman ini ditetapkan sejak tahun 1982 dengan luas wilayahnya sekitar 50.276,3 ha.

Taman nasional Bromo Tengger Semeru adalah salah satu tujuan wisata utama di Jawa Timur. Dengan adanya penerbangan langsung Malang-Jakarta dan Malang-Denpasar diharapkan jumlah kunjungan wisatawan asing maupun domestik akan semakin meningkat.

Selain Gunung Bromo yang merupakan daya tarik utama, Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa pun menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki.

Baca Juga: 4 Keutamaan Puasa Syawal, Waktu dan Tata Caranya

Meski demikian, untuk sampai ke puncak Semeru tidaklah semudah mendaki Gunung Bromo. Para pendaki diharuskan mendapat izin dari kantor pengelola taman nasional yang berada di Malang.

Penggemar hiking disarankan untuk mengambil rute dari Malang karena bisa menikmati keindahan lautan pasir lebih panjang.

Start point dapat dimulai dari Ngadas yang merupakan desa terakhir yang berada di dalam kawasan taman nasional. Selain itu, Desa Ngadas juga menjadi tempat untuk melengkapi perbekalan terutama persediaan air, karena setelah ini tidak akan dijumpai sumber air.

Baca Juga: Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap : Bacaan Niat, Doa dan Artinya

Flora

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memiliki tipe ekosistem sub-montana, montana dan sub-alphin dengan pohon-pohon yang besar dan berusia ratusan tahun. Tumbuhan-tumbuhan tersebut antara lain cemara gunung, jamuju, edelweis, berbagai jenis anggrek dan rumput langka.

Halaman:

Editor: Intan Resika Rohmah

Sumber: malangkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Asal Usul Es Cendol Elizabeth

Kamis, 22 September 2022 | 15:00 WIB

Situ Bagendit yang Kini Tak Lagi Pelit

Sabtu, 23 Juli 2022 | 19:30 WIB

Telaga Ngebel, Wisata Alam Ponorogo Punya

Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:15 WIB

Eksplor Momen Menarik di Jalan Braga

Rabu, 29 Juni 2022 | 12:00 WIB

4 Rekomendasi Film Indonesia Genre Islam

Rabu, 16 Februari 2022 | 19:58 WIB
X