kurban anak muda
Foto: Pikwizard

Kurban Corner – Delapan hari lagi menuju hari raya Idul Adha. Siapa sih yang ga excited? Idul Adha merupakan hari besar umat muslim kedua setelah hari raya Idul Fitri. Oleh karena itu, spesial di momen kurban tahun ini, tim jurnalis ngaderes.com mencoba menyapa beberapa anak muda dan mencari tahu apa makna kurban buat mereka.

“Idul Adha itu adalah salah satu hari besar islam, dimana di hari itu disyariatkan berkurban untuk umat muslim di seluruh Dunia,” ungkap Ami (20) saat diwawancara pada Jumat (9/07/2021).

Banyak dari anak muda yang ditemui jurnalis ngaderes.com sudah mengetahui esensi Idul Adha, begitu pula yang diungkapkan oleh Dilla. Dilla (24) menyampaikan, hari raya islam (kurban) merupakan hari dimana umat muslim memperingati peristiwa ketika Nabi Ibrahim bersedia untuk mengorbankan (menyembelih) putranya Isma’il, kemudian sembelihan itu diganti oleh Allah dengan seekor hewan sembelihan yang besar.

Kurban di Mata Anak Muda

Idul Adha di tahun ini jatuh pada 20 Juli atau 10 Dzulhijjah 1442, tepatnya pada hari Selasa. Pada hari tersebut, umat muslim disunnahkan untuk berkurban. Apa sih makna kurban di mata anak muda jaman sekarang? Anak muda menjawab..

“Menyisihkan sebagian harta kita untuk melakukan yang disunnahkan seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim (berkurban). Dimana, sebelum darah hewan qurban menetes ke bumi, dosa-dosa kita akan diampuni. InsyaAllah,” tutur Rudhya (21).

“Bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas limpahan rezeki yang telah diberikan,” ungkap Dilla (24).

“Adalah bentuk pengorbanan untuk kecintaan kita sehingga kita mau berkurban untuk Allah” [Ami (20)].

Tujuh anak muda lainnya juga menjawab bahwa berkurban itu tentang mengorbankan sesuatu yang dianggap berharga.

Siapa yang harus kurban?

Di kesempatan ini, tim ngaderes.com juga berkesempatan bertanya pendapat anak muda tentang, siapa sih sebenarnya yang harus melaksanakan Idul Kurban? Mayoritas dari mereka menjawab bahwa yang harus melaksanakan kurban yaitu seluruh umat islam yang mampu.

Selain itu, mereka juga menganggap sebagai seorang anak muda perlu mengusahakan untuk melaksakan syariat kurban ini.

“Jika ada reszeki, perlu banget kita berkurban apalagi di masa pandemi seperti ini. Daripada uangnya dipakai untuk foya-foya, lebih baik dipakai untuk berkurban, kan untuk bekal kita juga,” ucap Lala (24).

Selain itu, Sulas (22) mengatakan anak muda perlu mengusahakan untuk kurban. Menurut Sulas jika dihitung-hitung, seharusnya anak muda bisa menyisihkan uangnya untuk berkurban dalam waktu setahun.

“Misalnya beli kambing yang harganya 5 juta pun ketutup deh kalau misalnya kita mengumpulkan uang setiap hari,” ungkap Sulas.

7 dari 10 anak muda memilih berkurban sapi, dan 3 lainnya memilih berkurban hewan kambing. Saat dihadapi pada pilihan lebih memilih Iphone atau melaksanakan kurban, mereka semua memilih untuk berkurban, Masya Allah.

Jadi, apa makna kurban buat kamu sobat cerdas?

Jurnalis: Syahida Innayatullah
Editor: Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here