Ngaderes.com – Memotret dengan kamera Android kadang jadi masalah saat foto dan video hasil jepretan menumpuk dan menghabiskan memori HP. Jika pengalaman seperti itu menganggu, gunakan aplikasi Google Photos. Langsung download saja di Playstore.

Pengguna android kini tak perlu khawatir tentang ruang penyimpanan foto yang terbatas hanya sebesar 10 atau 20 GB saja. Pengguna bisa memasukan sebanyak mungkin foto dan video tanpa perlu khawatir kekurangan ruang penyimpanan. Dengan catatan, Google akan mengompresi fotomu (foto yang lebih besar dari 16 mega piksel dan video dengan resolusi lebih dari 1080p).

Aplikasi Google Photos lebih dari sekadar tempat penyimpanan foto sederhana. Layanan ini dapat mencadangkan foto di beberapa perangkat yang dilengkapi dengan fitur organisasi otomatis dan alat pencarian pintar. Dengan begitu, kita dapat dengan mudah berbagi album dan foto dengan orang lain hanya dengan share di WA, FB, dan lainnya.

Mengapa pengguna android harus menyimpan koleksi foto menggunakan Google Photos, yakni penyimpanan cloud dan backup. Apa maksudnya? Jadi, perangkat ini dapat mencadangkan semua foto dan video ke cloud (tempat penyimpanan online), sehingga kita dapat mengaksesnya dari perangkat lain, termasuk desktop dan tablet.

Nah, biar memori HP gak nge-hang karena full oleh foto dan video, segera cadangkan di Google Photos. Untuk masuknya (login) cukup pake email android kita aja, otomatis langsung login. Setelah di-back up di Google Photo, penggguna bisa menghapus foto-foto atau video yang ada di memori HP. Kalo mau melihat lagi foto-foto, buka aja kembali aplikasi Google Photo.

Cara lain buat nyimpen video di HP kita, bisa dicadangkan di Youtube. Akses login di aplikasi Youtube sama dengan email android kita. Biar gak bisa dilihat umum, saat meng-upload video di Youtube, gunakan setting TIDAK PUBLIK. Jadi yang bisa nonton hanya pengguna dan mereka yang dibagikan link video tersebut.

Penulis:  Abah amin
Editor: Isma Aniatsari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here