Kurban Corner – Hari Raya Idul Adha 1442 H dalam keadaan pandemi tahun ini tak menyurutkan semangat masyarakat muslim di Indonesia untuk tetap melaksanakan kegiatan berkurban. Seluruh umat muslim berperan di dalamnya, termasuk para pemuda hebat yang tergabung dalam komunitas kreatif anak muda yaitu Global Orbit Indonesia (Globit).

Komunitas Global Orbit Indonesia (Globit) merupakan komunitas yang bergerak dalam memberikan dampak sosial dari setiap kegiatan kreatifnya. Salah satunya, tahun ini mereka turut serta dalam membantu masyarakat muslim di Indonesia yang ingin melaksanakan ibadah kurban pada Selasa (20/07/2021).

Pelaksanaan kegiatan kurban oleh Globit disebarkan di beberapa titik di kota Bandung. Yaitu di Desa Ciburial, Desa Ciporeat, Pesantren Tahfidz Qur’an Al-Kautsar, dan Desa Sukahaji di Majalaya. Alasan Globit menentukan empat titik tersebut, karena mereka menemukan data bahwa rata-rata di daerah tersebut jarang melakukan kegiatan kurban di setiap tahunnya. Berbeda dengan pelaksanaan kurban di kota-kota yang bahkan sering terjadi penumpukan.

Dalam kegiatannya, 10 Dzulhijjah kemarin merupakan realisasi dari hasil program Qurban Nursantara yang juga merupakan program Global Orbit Indonesia. Dimana pada hari H Idul Adha, anggota Globit mulai menyalurkan atau mengantarkan hewan kurban ke titik yang sudah ditentukan. Selain itu, tim Globit pun menyaksikan serta mendokumentasikan kegiatan penyembelihan lalu mengirimkannya kepada para donatur yang telah memberikan donasi pada program Qurban Nursantara tersebut.

“Terimakasih kepada para donatur yang sudah menyalurkan hewan kurbannya. Mudah-mudahan bukan daging dan darahnya yang sampai kepada Allah, namun niatan dan amal sholehnya yang sampai kepada Allah sehingga hewan kurbannya bisa menjadi kendaraan di surga nanti,” ujar Jafar, ketua umum Globit.

Dengan demikian, meskipun kondisi saat ini belum kembali normal, sebagai seorang anak muda, semangat dan niat untuk terus berjuang di jalan Allah harus tetap dijaga dan ditingkatkan. Saling bahu-membahu berbuat kebaikan dan membantu sesama dalam menjalankan syariat berkurban. Dimana momen tersebut hanya terjadi satu kali dalam setahun. Maka manfaatkanlah semaksimal mungkin.

Penulis: Syahida Inayatullah
Editor: Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here