Ngaderes.com – Apa yang kamu pikirkan ketika seseorang mengatakan jodoh atau ketika kamu tidak sengaja membaca kalimat ‘Jodoh’? Siapa yang tau tentang jodoh seseorang? Gimana sih biar cepet dapet jodoh? Atau bisa gak sih milih jodoh sesuai selera? Pertanyaan demi pertanyaan kerap muncul ketika kita sudah menjadi remaja, bahkan ketika anak-anak pun ada yang sudah mempertanyakan hal tesebut? Hayooo ngakuuu.

Jadi sebenernya jodoh itu apa sih? Jodoh menurut KBBI adalah orang yang cocok menjadi suami atau istri, pasangan hidup, imbangan, sesuatu yang cocok sehingga menjadi sepasang, pasangan.

Lalu siapa yang tau tentang jodoh? Tentang jodoh sebenarnya jangan resah, tidak juga disarankan untuk gundah karna memang jodoh sudah di atur oleh Allah S.W.T. Seperti yang terdapat dalam Al-Qur’an Surat Az Dzariyat ayat 49 yang artinya: “Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah”. (QS Az Dzariyat : 49).

So, gak ada alasan untuk kalian yang belum mendapatkan jodoh untuk pusing memikirkan hal tersebut, karna toh sudah terbukti Allah mengatakan hal tersebut dan janji Allah itu pasti.

Masih bingung gak masalah jodoh? Jelasin sedikit lagi aja ya tentang jodoh tapi menurut agama khususnya menurut agama islam. Tanda- tanda si dia jodoh menurut islam tentunya beragam, sedikit kesimpulan menurut para ulama yakni:

Dia yang paling bisa memaklumi keadaan kamu

Jodoh bermula dari hati ke hati. Jadi jika ada orang yang benar-benar mencintai kamu yang bisa memaklumi dari hati, seperti memaklumi dari berbagai segi fisik, perasaan, keadaan dan yang terpenting ia yang mau menerima kamu apa adanya.

Dia yang paling bisa memaafkan kesalahan kamu

Memang sangat sulit untuk mendapatkan pasangan yang sempurna, apalagi yang mempunyai sifat pemaaf. Manusia tentunya memiliki batas kesabaran yang berbeda, namun setidaknya dia dapat memaafkan kesalahan kamu. Karena pasangan yang mencintai dengan tulus adalah ia yang mampu memaafkan segala kesalahan yang kamu lakukan.

Dia yang paling bisa memotivasi diri kamu

Kehidupan tidak selamanya seperti itu. Ada saat dimana kamu bisa menjadi senang atau sedih, adakalanya kamu menjadi kaya atau juga miskin seperti halnya roda yang berputar. Jadi pasangan yang baik tentunya tau akan hal tersebut dan dapat selalu memotivasi dalam keadaan apapun atau kamu sedang terpuruk.

Nah gimana udah keliatan belum tanda-tanda nya kalau si dia itu jodohmu? Jangan lupa juga untuk sholat istikhroh meminta pentunjuk agar diberitahu mana yang terbaik. Pilihan mana yang memang membawa kebaikan untuk menemani kehidupanmu kelak ya. Perbanyak berdo’a, perbaiki diri juga berdzkir dan membaca Al-Qur’an.

Jodoh bisa dipilih sendiri gak sih? Jodoh itu kan sudah ditentukan, jadi jawabannya sebenernya bisa menyesuaikan hihi. Kok gitu? Coba deh pikirkan kembali!

Jodoh memang sudah ditentukan, tetapi dalam ayat Al-Qur’an Surat An Nūr ayat 26 yang artinya: “Wanita wanita yang keji adalah untuk laki laki yang keji, dan laki laki yang keji adalah untuk wanita wanita yang keji pula. Dan wanita wanita yang baik adalah untuk laki laki yang baik dan laki laki yang baik adalah untuk wanita wanita yang baik pula”.

Jadi kalau kalian ingin jodoh yang sesuai selera kalian, misalnya yang baik, sholeh atau sholehah, berarti harus dong kalian memperbaiki diri agar sesuai dengan firman Allah diatas. Sesuai janji Allah, kalau kita berusaha menjadi baik agar dapat jodoh yang baik pula. Bukan tidak mungkin Allah bantu memperbaiki pula jodoh kita. Wallahu’alam.

Penulis: Dea Fitri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here