Film Dilan Milea

Film Dilan 1991 yang akan tayang pada 28/02/2019 merupakan visualisasi dari sebuah novel dengan judul yang sama karya Pidi Baiq, soal dua remaja bernama Dilan dan Milea. Bercerita tentang cuplikan hidup seorang gadis bernama Milea Adnan Hussain saat dirinya masih remaja. Garis hidupnya itu ia tuangkan dalam tulisan yang begitu mengalir.

Mungkin ada yang kisah hidupnya persis seperti Milea. Punya pacar waktu SMA, romantis banget, terus putus padahal masih cinta, susah move on, akhirnya galau karena hanya bisa mengenang masa indahnya. Namun waktu terus berjalan. Apa yang sudah berlalu pun tinggal kenangan. Begitulah sekilas isi novel Dilan 1991.

Dibalik cerita novel Dilan 1991, terdapat pesan poitif yang bisa kita ambil.

Dilan mengagungkan Tuhan

“Tidak ada yang abadi selain Allah.” Itulah yang Dilan sampaikan kepada Milea dalam film saat keduannya sedang berada di bioskop. Ya, memang semuanya akan musnah, harta kita, orang-orang tercinta kita, jabatan kita, dan bahkan umur kita.

Dilan dan Milea hafal nama-nama Nabi dan Rosul

Waktu mereka lagi nge-date, yang jadi bahan obrolan mereka adalah Nabi Adam dan Nabi Sulaiman dong.. Kayanya kalau pacaran jaman now ngobrolin para Nabi dan Rosul keren tuh.

Dilan hormat pada orang tua

Sosok Dilan yang dikisahkan sebagai anak geng motor di Bandung dan suka berantem, menunjukan sikap yang bertolak belakang saat dia berhadapan dengan ibunya. Dilan adalah sosok anak remaja yang tidak pernah melawan pada orang tua. Dilan bersikap hormat dan selalu mendengarkan nasehat orang tuanya.

Milea tidak suka kekerasan

Sepertinya semua manusia yang masih ‘sehat’, tidak akan suka dengan segala bentuk kekerarasan. Begitupun dengan Milea. Milea tak bosan-bosan mengingatkan Dilan agar tidak menyelesaikan masalah dengan kekerasan. Sebab kekerarasan bukanlah solusi yang tepat menyelesaikan masalah.

Itulah beberapa pesan positif dari tayangan film Dilan 1991 yang diadopsi dari novel karya Pidi Baiq. Tentu masih banyak pesan positif lainnya yang bisa kita ambil dan menjadi contoh untuk aktivitas kita sehari-hari. Jadi, apa pesan positif yang kamu dapat dari film ini guys?

Penulis: Intan Resika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here