• Minggu, 5 Februari 2023

5 Alasan Kenapa Tidak Boleh Tidur dengan Lampu Menyala

- Minggu, 1 Januari 2023 | 12:00 WIB
5 Alasan Kenapa Tidak Boleh Tidur dengan Lampu Menyala (Ilustrasi Canva)
5 Alasan Kenapa Tidak Boleh Tidur dengan Lampu Menyala (Ilustrasi Canva)

ngaderes.com - Saat kecil dulu, kamu mungkin ingat saat "lampu padam" sebagai cara untuk memberi tahu bahwa sudah waktunya tidur. Mematikan lampu pada waktu tidur lebih dari sekadar ungkapan waktu tidur yang umum. Faktanya, keputusan untuk mematikan lampu atau membiarkannya menyala dapat memengaruhi kesehatan kamu loh.

Tidur dengan lampu menyala dianggap merugikan untuk mendapatkan istirahat malam yang nyenyak. Selanjutnya, kurang tidur berkualitas dapat menyebabkan banyak konsekuensi kesehatan. Jika kamu mempertimbangkan untuk menyalakan lampu pada waktu tidur, pertimbangkan dampak berikut.

Tidur dengan lampu menyala adalah kebiasaan buruk yang harus segera kamu hentikan. Berikut adalah lima alasan mengapa kamu harus mematikan lampu saat tidur.

1. Menyebabkan ketidakseimbangan hormon

Pada malam hari, kelenjar pineal (epiphysis cerebri)—kelenjar endokrin di otak menghasilkan hormon yang disebut melatonin. Melatonin penting karena mengatur serta menyinkronkan ritme sirkadian tubuh kamu, yang lebih dikenal sebagai siklus tidur-bangun normal. Hormon ini juga bertanggung jawab untuk fungsi vital tubuh lainnya seperti mengatur tekanan darah, reproduksi, dan mencegah peradangan.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa tidur dengan lampu menyala mengganggu produksi melatonin tubuh. Joshua Gooley dari Brigham and Women’s Hospital dan Harvard Medical School mempelajari 116 sukarelawan, berusia 18 hingga 30 tahun, dan memaparkan mereka pada cahaya ruangan dan cahaya redup selama delapan jam sebelum tidur selama lima hari berturut-turut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paparan sinar jelas mempersingkat produksi melatonin rata-rata 90 menit. Itu juga mengungkapkan bahwa paparan cahaya sementara memotong melatonin lebih dari 50 persen.

2. Meningkatkan tekanan darah

Karena melatonin juga mengatur tekanan darah kamu, penurunan melatonin yang disebabkan oleh paparan cahaya yang tidak perlu saat tidur dapat meningkatkan tekanan darahmu.

Penelitian yang dilakukan oleh Chronobiology International menetapkan bahwa orang yang terpapar cahaya berlebihan di malam hari memiliki tekanan darah yang jauh lebih tinggi daripada orang yang tidur dalam kegelapan.

Halaman:

Editor: Dita Fitri Alverina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dampak Patah Hati Terhadap Psikologis Remaja

Sabtu, 4 Februari 2023 | 07:53 WIB

Warisan Tersembunyi di Geopark Silokek

Rabu, 18 Januari 2023 | 12:00 WIB

Mari Berpetualang ke Karimunjawa, Cagar Biosfer Dunia

Minggu, 15 Januari 2023 | 10:00 WIB

Cara Mengatasi Burnout, Yuk Coba!

Jumat, 13 Januari 2023 | 10:00 WIB

Rezeki Bukan Hanya Gaji (Part 2)

Senin, 26 Desember 2022 | 08:38 WIB

Rezeki Bukan Hanya Gaji

Senin, 26 Desember 2022 | 07:58 WIB

Sering Disangka Sama, Ini Perbedaan Antara Pilek dan Flu

Minggu, 20 November 2022 | 12:30 WIB
X