• Jumat, 30 September 2022

10 Jurusan Kuliah yang Prospek Dibutuhkan dalam Dunia Kerja Masa KIni

- Rabu, 21 September 2022 | 09:30 WIB
10 Jurusan Kuliah yang Prospek Dibutuhkan dalam Dunia Kerja Masa KIni. (Sumber foto: canva.com)
10 Jurusan Kuliah yang Prospek Dibutuhkan dalam Dunia Kerja Masa KIni. (Sumber foto: canva.com)

ngaderes.com - Siapa yang tidak senang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah?  Semua orang pasti senang. Tapi terkadang masih dibingungkan dengan jurusan kuliah yang akan diambil. 

Sebagai calon mahasiswa, tentu harus punya strategi dalam memilih jurusan kuliah, agar jurusan kuliah yang diambil bisa sesuai dengan kebutuhan pekerjaan. Sebab pertimbangan tersebut akan menentukan masa depan.

Menurut temuan World Economic Forum’s dalam Future of Jobs Report 2020, perubahan pola kerja akan terjadi karena tenaga kerja otomatisasi meningkat lebih cepat dari perkiraan. Selain itu, revolusi robot menciptakan 97 juta pekerjaan baru.

Baca Juga: Ribuan Warga Bandung Turun ke Jalan dalam Bebersih Bandung Jilid 4

Kemampuan berpikir analitis, kreativitas, dan fleksibilitas menjadi salah satu keterampilan yang paling dicari. Bisnis yang paling kompetitif akan fokus pada peningkatan keterampilan pekerja, serta pekerjaan jarak jauh akan tetap ada.

Selanjutnya, World Economic Forum’s juga memberikan prediksi tingginya permintaan untuk beberapa pekerjaan di masa depan. Jika dirangkum, maka pekerjaan yang disebutkan berkaitan dengan teknologi, internet, dan manajemen.

Berikut jurusan kuliah yang prospek dibutuhkan dunia kerja masa kini:

1. Jurusan Teknik Informatika

Jurusan yang menjanjikan pertama adalah Jurusan Teknik Informatika. Mahasiswa jurusan ini dibentuk agar menjadi ahli dalam bidang teknologi. Bahkan, di jurusan ini kamu juga akan belajar tentang pemrograman hingga membuat aplikasi. Makanya, lulusan Jurusan Teknik Informatika akan sesuai dengan kebutuhan dunia di masa depan.
 
2. Jurusan Teknik Elektro
 
Selanjutnya, ada Jurusan Teknik Elektro yang ilmunya memiliki pengaruh kuat dalam perkembangan peradaban manusia. Yaps, kebutuhan ilmu dari jurusan ini telah terbukti terus dibutuhkan hingga sekarang.
 
3. Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan
 
Kelahiran jurusan ini menandakan bahwa mulai dibutuhkannya sumber daya manusia (SDM) kompeten dalam mengembangkan integrasi antara robotika dengan kecerdasan buatan.
 
4. Jurusan Teknik Mesin
 
Jurusan Teknik Mesin adalah jurusan yang berkutat pada mesin yang digunakan pada berbagai objek teknologi. Bukan hanya itu, jurusan ini juga akan membuatmu belajar tentang pembuatan dan pengoperasian robot.
 
5. Jurusan Teknik Biomedik
 
Teknik Biomedik merupakan gabungan Ilmu Keteknikan dan Ilmu Kedokteran yang mempelajari perancangan alat-alat mekanik dan elektronik untuk dunia kesehatan. Jadi, jurusan ini hadir untuk membangun teknologi kesehatan demi mengembangkan industri alat medis di Indonesia.
 
 
6. Jurusan Ilmu Komputer
 
Jurusan Ilmu Komputer merupakan salah satu jurusan Saintek yang nggak ada matinya. Adanya kemajuan teknologi yang mengarah pada pemanfaatan teknologi komputer dan informasi membuat jurusan ini banyak diincar oleh anak IPA.
 
7. Jurusan Sistem Informasi
 
Jurusan berikutnya yang masih berkaitan dengan teknologi yaitu Sistem Informasi. Mahasiswa jurusan ini akan belajar ilmu komputer, manajemen, dan bisnis untuk merancang sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sistem Informasi cocok buat kamu yang pengen belajar pengaplikasian ilmu IPA dan IPS secara gabungan.
 
8. Jurusan Matematika
 
Jurusan Matematika merupakan jurusan yang akan membuat mahasiswanya memecahkan permasalahan melalui permodelan rumus beserta hitungan matematika, sehingga dapat ditemukan solusinya.
 
9. Jurusan Statistika
 
Dalam World Economic Forum’s disebutkan bahwa salah satu profesi yang dibutuhkan di masa depan adalah data scientist. Nah, salah satu jurusan pencetak lulusan yang mampu bekerja di bidang itu ialah Jurusan Statistika.
 
10. Jurusan Akuntansi
 
Anak IPS pasti udah bisa membayangkan seperti apa kuliah di Jurusan Akuntansi, ya ‘kan? Belajar di jurusan ini mengharuskan mahasiswa untuk terampil dan teliti dalam menghitung serta mengatur keuangan. Nah, karena ada kegiatan hitung-menghitungnya, jurusan ini juga bisa dimasuki oleh anak IPA, lho! Jadi, siap-siap deh dengan keketatan persaingan buat masuk ke jurusan ini.
 
Nah itu 10 jurusan kuliah yang prospeknya dibutuhkan. Gimana ada yang minat?
kalau jurusan pilihanmu tidak disebutkan di atas bukan berarti prospek kerjanya nggak bagus kok. Sebab hal yang paling penting ialah memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.***
 
 
Penulis : Ulfha Nurjanah (Kontributor)

Editor: Intan Resika Rohmah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bibit Kopi Unggul Mengalir dari Garut

Selasa, 6 September 2022 | 12:00 WIB

Harimau Sumatra yang Bertahan Dalam Kepunahan

Senin, 22 Agustus 2022 | 12:00 WIB

Jangan Salah Paham dengan Skill Public Speaking

Minggu, 14 Agustus 2022 | 18:29 WIB

Air Keran Layak Minum di IKN Nusantara

Kamis, 4 Agustus 2022 | 12:00 WIB

Membatasi Kunjungan demi Kelestarian Komodo

Jumat, 29 Juli 2022 | 09:00 WIB

Tips Efektif ber- Organisasi

Kamis, 14 Juli 2022 | 21:27 WIB
X