• Rabu, 7 Desember 2022

Gelar Qurban Ajak Peserta Didik Aktif dan Terlibat, Begini Kata Ibu Kepala Sekolah SD Sains Al Biruni

- Sabtu, 16 Juli 2022 | 11:44 WIB
Ibu Kepala Sekolah SD Sains Al Biruni, Popi Rismala.
Ibu Kepala Sekolah SD Sains Al Biruni, Popi Rismala.



ngaderes.com
- Sekolah sebagai lembaga penyelenggara pendidikan sudah selayaknya menggelar kegiatan pembelajaran dan pelatihan dalam bentuk manajemen Qurban secara komprehensif dan berkelanjutan.

Demikian kata Ibu Kepala Sekolah SD Sains Al Biruni, Popi Rismala, saat dimintai keterangannya oleh tim ngaderes.com. 

Lanjut beliau, dalam arti melibatkan semua unsur masyarakat akademik sekolah baik siswa, orang tua, guru, lingkungan sekitar, aparat setempat perlu terlibat untuk bersama-sama mensukseskan hajatan ritual yang agung ini walaupun setahun sekali.

Baca Juga: Catat Rekor MURI, Belasan Ribu Anak di Ponorogo Menari Massal Krido Warok Cilik

Hal ini bertujuan untuk melatihkan kepada peserta didik untuk mulai mengenal, memahami hingga terbiasa melatih diri aktif ber Qurban dalam rangka pengabdian kepada Alloh dan tanggungjawab sosial terhadap sesama.

Manajemen Qurban di sekolah menanamkan sejak dini benih-benih mencintai syariat yang Allah hadirkan untuk hamba-hamba Nya agar mencapai derajat Muttaqin.

Tentunya melalui penyelenggaraan berqurban yang baik di sekolah membelajarkan esensi teori dan praktik berqurban.

Dengan menteladani jiwa-jiwa para hamba yang taat kepada Allah seperti kemuliaannya keluarga nabi Ibrahim. Sebagai anak bagaimana meneladani akhlaq Nabi Ismail as yang merupakan buah dari keyakinan. Mulai dari akhlak kepada Allah sampai akhlak kepada bapaknya. 

Baca Juga: Anak Susah Sholat? Seperti Ini Pendidikan Sholat untuk Anak Ala Rasulullah Muhammad SAW

" Secara keseluruhan kegiatan pemotongan hewan qurban serta distribusi nya dapat berlangsung dengan lancar juga berkat suport dan dorongan dari pengurus komite SD Sains Al-Biruni . Semoga dengan kegiatan ini dapat menjadikan semua peserta didik di sekolah ini memiliki jiwa sosial dan ketaqwaan yang semakin tinggi dan semoga Qurban sebagai salahsatu wujud peribadatan umat Islam yang berdampak banyak nilai positif tidak hanya sekedar aspek ritual keagamaan semata. Nilai positif yang relevan di dunia pendidikan menjadikan Qurban dikelola secara apik dan kreatif dalam manajemen pendidikan dan pelatihan yang sinergi antara pemenuhan kebutuhan konten pendidikan agama dengan muatan sosial budaya yang saling menguatkan dalam rangka mencapai hakekat tujuan pembelajaran!", terang beliau. 

Pelaksanaan Qurban di SD Sains Al Biruni

Mengawali tahun pelajaran baru 2022/2023 kali ini, SD Sains Al Biruni mengadakan kegiatan pemotongan hewan kurban, yang dilakukan di sekolah pada hari Senin tanggal 11 Juli 2022 lalu, 

Pemotongan hewan qurban tahun ini adalah sebanyak 4 ekor sapi dan 15 ekor kambing. Adapun hewan kurban tahun ini merupakan sumbangan dari peserta didik, orang tua, muqorib 37 orang dan keluarga besar sekolah SD Sains Al biruni yang secara pribadi melaksanakan hajat qurban nya di sekolah.

Baca Juga: Coba Terapkan PDCA untuk Bekali Anak Siap Menjadi Pemimpin Masa Depan

Pelaksanaan pemotongan hewan kurban di sekolah sudah menjadi kegiatan rutin dari Pembagian daging kurban akan di laksanakan secara serentak pada jam 14.00 wib dengan tujuan Sebagai pembelajaran untuk mendekatkan diri kepada Alloh dan peduli terhadap sesama

Untuk pembagiannya binaan 10 domba 1 sapi ini di bagikan Desa binaan antara lain di : Parakan muncang, Cimeong, Ciwidey, Cipanas.

"Alhamdulillah tiap taun muqorib selalu bertambah, pengelolaan program dan pengurusan hewam makin baik!", ujar Bekti Ramadhan selaku Panitia Qurban. ***

 

 

 

 

 

Halaman:

Editor: Annisa Sasa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sering Disangka Sama, Ini Perbedaan Antara Pilek dan Flu

Minggu, 20 November 2022 | 12:30 WIB

Rumus Mencapai Sukses dalam Kehidupan Rumah Tangga

Selasa, 11 Oktober 2022 | 21:20 WIB

Unik! Hanya di Bandung Kulit Ceker Ayam Jadi Sepatu

Selasa, 4 Oktober 2022 | 10:00 WIB

Bibit Kopi Unggul Mengalir dari Garut

Selasa, 6 September 2022 | 12:00 WIB

Harimau Sumatra yang Bertahan Dalam Kepunahan

Senin, 22 Agustus 2022 | 12:00 WIB

Jangan Salah Paham dengan Skill Public Speaking

Minggu, 14 Agustus 2022 | 18:29 WIB

Air Keran Layak Minum di IKN Nusantara

Kamis, 4 Agustus 2022 | 12:00 WIB

Membatasi Kunjungan demi Kelestarian Komodo

Jumat, 29 Juli 2022 | 09:00 WIB

Terpopuler

X