• Kamis, 11 Agustus 2022

Tips Efektif ber- Organisasi

- Kamis, 14 Juli 2022 | 21:27 WIB
Ilustrasi leader dalam organisasi. (Jurnalis Fotografer: Intan Resika/ngaderes.com)
Ilustrasi leader dalam organisasi. (Jurnalis Fotografer: Intan Resika/ngaderes.com)

ngaderes.com - Banyak sekali dari kita yang melibatkan diri dalam sebuah organisasi. Baik organisasi politik, organisasi pendidikan, organisasi sosial, organisasi masyarakat dan ragam organisasi lainnya.

Kemudian, tingkatan organisasipun beragam, dari organisasi tingkat Desa/Kelurahan, organisasi tingkat Kecamatan, sampai organisasi tingkat internasional.

Semakin tinggi dan kompleks sebuah organisasi, melibatkan banyak elemen orang beragam latar belakang, semakin kita harus meningkatkan skill atau kemampuan kita dalam berorganisasi.

Baca Juga: Gigih, Seorang Pemuda Penyandang Thalasemia di Kab. Garut Raih Beasiswa S1

Berikut tips efektif ber-organisasi yang bisa anda coba terapkan ketika berorganisasi.

1. Memiliki skill leadership

Dalam sebuah organisasi, seseorang bisa saja memiliki peran ganda. Pertama sebagai pemimpin atau leader dan kedua sebagai yang dipimpin.

Setiap yang terlibat dalam roda organisasi, perlu memiliki skill atau kemampuan leadership (kepemimpinan). Sebab, suatu waktu, ia akan menerima estafeta kepemimpinan dalam organisasinya. Atau dalam waktu yang bersamaan, dia menjadi anggota yang dipimpin, namun memiliki tanggung jawab juga untuk memimpin tim di bawahnya.

Skill leadership bisa anda latih seiring dengan jam terbang berorganisasi dan mencoba memimpin kelompok kecil. Selain itu workshop leadership pun bisa menambah wawasan kepemimpinanmu.

Halaman:

Editor: Intan Resika Rohmah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Air Keran Layak Minum di IKN Nusantara

Kamis, 4 Agustus 2022 | 12:00 WIB

Membatasi Kunjungan demi Kelestarian Komodo

Jumat, 29 Juli 2022 | 09:00 WIB

Tips Efektif ber- Organisasi

Kamis, 14 Juli 2022 | 21:27 WIB
X