• Kamis, 11 Agustus 2022

Ini Manfaat Kesehatan Tidur Miring Ke Kanan ala Nabi Muhammad

- Rabu, 13 Juli 2022 | 15:00 WIB
Ini Manfaat Kesehatan Tidur Miring Kanan ala Nabi Muhammad (Ilustrasi Canva)
Ini Manfaat Kesehatan Tidur Miring Kanan ala Nabi Muhammad (Ilustrasi Canva)

ngaderes.com - Cara tidur bisa memengaruhi kesehatan tubuh kita secara fisik maupun mental. Dalam Islam, tidur miring ke kanan, terutama pada tahap awal tidur, dianjurkan sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW.

Disebutkan dalam sebuah riwayat Al-Bara′ bin Azib yang menyampaikan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Apabila kamu hendak berangkat ke tempat tidurmu maka berwudhulah seperti wudhumu untuk shalat, kemudian berbaringlah pada sisi badan sebelah kanan…,” (HR. Bukhari-Muslim)

Dari hadits tersebut dikatakan bahwa tidur miring ke kanan merupakan anjuran dari Nabi Muhammad SAW sendiri. Syariat Islam selalu membawa umatnya pada kebaikan, baik kebaikan rohani dan juga jasmani. Tidur miring ke kanan juga memiliki berbagai manfaat medis yang luar biasa.

Studi ilmiah modern juga menunjukkan manfaat tidur miring ke kanan, terutama untuk jantung. Secara khusus, sebuah penelitian yang berjudul, “Perbandingan Pengaruh 5 Posisi Terlentang pada Modulasi Saraf Otonom pada Pasien Dengan Penyakit Arteri Koroner,” setelah bereksperimen pada subjek sehat yang dibuat tidur dalam tiga posisi berbeda, sampai pada kesimpulan bahwa untuk kesehatan jantung terbaik adalah tidur dalam posisi miring ke kanan.

Nabi Muhammad SAW menemukan seorang pria tidur tengkurap dan mendorongnya untuk bangun karena posisi itu tidak disukai oleh Allah dan menyuruhnya untuk tidur di sisi kanan. Ini adalah 1400 tahun yang lalu; di zaman modern ini telah terbukti bahwa tidur miring ke kanan bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi tekanan pada jantung.

Di sisi lain, tidur tengkurap menyebabkan ketegangan pada tulang belakang dan perut karena sebagian besar beban berpusat di sekitar perut. Stres pada tulang belakang berarti ada tekanan pada bagian tubuh lain yang menyebabkan Anda merasa mati rasa saat bangun tidur. Leher menjadi tidak sejajar karena orang yang menggeser lehernya ke kiri atau ke kanan menyebabkan cedera lebih lanjut.

Kemudian, jika seseorang berbaring terlentang dengan posisi punggung di bawah, maka jantung tidak mempunya kesempatan beristirahat secara cukup.

Manfaat lain dari posisi tidur miring ke kanan adalah penyerapan nutrisi dari makanan akan berjalan lebih maksimal. Ini karena pergerakan usus akan meningkat saat tidur dan secara otomatis proses pencernaan dalam tubuh akan memakan waktu lebih lama, sehingga penyerapan nutrisi dan gizi lebih maksimal.

Halaman:

Editor: Dita Fitri Alverina

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Air Keran Layak Minum di IKN Nusantara

Kamis, 4 Agustus 2022 | 12:00 WIB

Membatasi Kunjungan demi Kelestarian Komodo

Jumat, 29 Juli 2022 | 09:00 WIB

Tips Efektif ber- Organisasi

Kamis, 14 Juli 2022 | 21:27 WIB
X