• Kamis, 11 Agustus 2022

Begini Alasan Kenapa Motivasi Eksternal Tidak Cukup Menjaga Semangat Seseorang Dalam Mencapai Kesuksesan

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 19:53 WIB
Ilustrasi motivasi eksternal dalam mencapai kesuksesan (pexels)
Ilustrasi motivasi eksternal dalam mencapai kesuksesan (pexels)



ngaderes.com
- Bagi sebagian orang, motivasi eksternal menjadi motor penggerak yang efektif dalam mencapai tujuan. Seseorang termotivasi saat ada dukungan dari orang terdekat semisal orang tua, rekan kerja maupun orang terkasih. 

Hal semacam ini bisa dipahami memang, namun jika kondisi motivasi eksternal ini hilang lantas apakah diri kita akan jadi tidak termotivasi lagi?

Baca Juga: Kenapa Seseorang Mengalami Perubahan pada Kesehatan Mental? Ini Penyebabnya

Menanggapi hal ini, Master Trainer NLP, bussiness and life coach, Hingdranata Nikolay membagikan tips mengenai motivasi diri. Seperti yang beliau sampaikan di akun instagramnya, dalam dunia NLP, populernya motivasi terbagi menjadi dua yakni motivasi eksternal berasal dari kendali luar dan motivasi dari dalam diri atau motivasi internal. 

Memang ada beberapa orang yang sangat bergantung pada motivasi eksternal. Saat tidak ada dukungan atau penghargaan maka diri akan kehilangan motivasi

Namun, lanjut beliau, seseorang yang mengandalkan motivasi eksternal ini tidak akan setiap saat bisa mendapatkan dukungan yang diperlukan. 

Nyatanya, sebagian besar orang fokus dengan kepentingan dan pekerjaan diri sendiri. Saat penerimaan orang lain atau dukungan, dan apresiasi ini tidak didapatkan maka motivasi akan mudah memudar. 

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Kelelahan Mental yang Bisa Kamu Lakukan

Kondisi demikian, lanjut beliau bisa dipahami karena manusia  adalah makhluk sosial. 

"Dari semenjak kita lahir saat menjadi bayi dalam pengasuhan orang tua dan keluarga juga lingkungan sosial!", terang beliau yang juga mengisi live di salahsatu program radio. 

Ada memang yang sudah terbiasa terlatih untuk mandiri dan memiliki sikap bekerja keras sedari kecil. Manusia butuh dilatih mandiri dan tidak bergantung pada kondisi eksternal saja. 

Agar motivasi dan semangat tidak mudah pudar dan menghilang maka diperlukan motivasi yang berasal dari dalam diri yakni motivasi internal. 






Editor: Annisa Sasa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Air Keran Layak Minum di IKN Nusantara

Kamis, 4 Agustus 2022 | 12:00 WIB

Membatasi Kunjungan demi Kelestarian Komodo

Jumat, 29 Juli 2022 | 09:00 WIB

Tips Efektif ber- Organisasi

Kamis, 14 Juli 2022 | 21:27 WIB
X