• Jumat, 27 Mei 2022

5 Cara untuk Kembali ke Pola Hidup Sehat Setelah Lebaran

- Selasa, 3 Mei 2022 | 10:00 WIB
5 Cara untuk Kembali ke Pola Hidup Sehat Setelah Lebaran (Canva)
5 Cara untuk Kembali ke Pola Hidup Sehat Setelah Lebaran (Canva)

ngaderes.com – Kita pasti tahu saat Hari Raya Lebaran, baik itu saat di rumah atau sedang berkunjung ke rumah sanak keluarha pasti disuguhi dengan berbagai jenis makanan favorit keluarga yang enak. Mulai dari kue kering, makanan khas lebaran seperti opor ayam, rendang, kari ayam, dan sebagainya.

Namun, kesehatan tubuh kita juga perlu diperhatikan setelah lebaran. Jangan merasa karena telah menjalani puasa jadi kita seenaknya makan makanan tanpa memerhatikan porsi dan kandungannya. Berikut ini 5 cara yang bisa kamu ikuti untuk kembali ke pola hidup sehat agar tubuh tetap sehat dan bugar.

1. Menahan nafsu makan dengan menjalani puasa

Pada titik ini, Kamu mungkin tidak memiliki selera makan yang terlalu banyak sepanjang hari. Jika Kamu dikelilingi oleh banyak suguhan, maka hanya dengan mengemil sedikit demi sedikit di sana-sini. Sekarang, itu mungkin bukan karena Kamu “menginginkannya” tetapi hanya karena makanan itu ada di depan Kamu.

Hasilnya adalah penurunan tingkat energi, mengonsumsi keseimbangan makro yang salah, dan akhirnya penambahan berat badan. Sebagai gantinya, manfaatkan rasa lapar Kamu yang berkurang dengan menjalankan puasa. Puasa dapat berupa puasa Syawal, puasa nafl, puasa qadha, atau puasa sunnah lainnya.

Atau kamu bisa melakukan puasa intermiten, yang harus Kamu lakukan adalah makan pertama pada jam 12 malam dan tidak makan apa pun setelah jam 8 malam. Pengaturan waktu ini akan memberi Kamu beberapa struktur dan juga mencegah ngemil saat larut malam!

2. Makan setidaknya satu sayuran sehari

Kebanyakan orang tidak cukup makan sayuran dalam sehari. Terlepas dari diet mana yang Kamu ikuti, Kamu membutuhkan lebih banyak sayuran! Setelah seminggu kelebihan gula, tubuh Kamu pasti membutuhkan nutrisi dari sayuran. Kuncinya adalah menggabungkan berbagai warna sayuran untuk memastikan Kamu mendapatkan berbagai nutrisi.

3. Ingatlah untuk minum 

Halaman:

Editor: Dita Fitri Alverina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB

Doa Sholat Hajat Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Selasa, 19 April 2022 | 11:44 WIB

Rekomendasi Kolak Buka Puasa Khas Indonesia

Minggu, 3 April 2022 | 14:00 WIB

Apa Itu SBMPTN dan UTBK?

Kamis, 24 Maret 2022 | 05:42 WIB

Kapan Bayi Boleh Tidur dengan Bantal dan Selimut?

Selasa, 22 Maret 2022 | 17:00 WIB
X