• Senin, 27 Juni 2022

Inilah Makna dan Manfaat Gerakan Shalat

- Rabu, 16 Maret 2022 | 17:02 WIB
Setiap gerakan ahalat memiliki manfaat dan maknanya masing-masing. (Michael Burrows (https://www.pexels.com/photo/man-in-white-thobe-bowing-down-on-red-and-blue-rug-7129609/))
Setiap gerakan ahalat memiliki manfaat dan maknanya masing-masing. (Michael Burrows (https://www.pexels.com/photo/man-in-white-thobe-bowing-down-on-red-and-blue-rug-7129609/))

Menjalani rukun iman merupakan kewajiban yang mengikat setiap umat muslim di segala situasi dan kondisi. Salah satu dari rukun iman yang menjadi bagian dari keseharian umat Islam adalah shalat. Sebagai umat muslim, mengisi hari-hari dengan mengerjakan shalat wajib dan sunnah menjadi hal yang biasa.

Namun, terlepas dari kebiasaan dan kewajiban muslim menjalankan sholat, tahukah kamu ada makna sebenarnya dibalik gerakan-gerakan sholat? Tidak hanya itu, gerakan-gerakan sholat ini juga membawa manfaat lain bagi kesehatan. Apa saja itu? Ayo kita simak bersama-sama.

Makna Gerakan Shalat

Makna gerakan salat yang pertama adalah takbiratul ihram. Ketika melakukan gerakan takbiratul ihram ini, kita sembari mengucapkan Allahu Akbar (Allah Maha Besar). Dimana artinya kita menyerah terhadap apa-apa yang kita miliki karena semuanya ini milik Allah.

Baca Juga: 25 Kata-kata Bijak Abu Bakar Ash-Shiddiq yang Menginspirasi Hidup

Kita tidak memiliki daya dan upaya. Bersamaan dengan menyerah, kita meyakini dan mengakui bahwa Allah sangat besar. Lebih besar dari masalah kita, lebih besar dari kemampuan kita, lebih besar dari aset-aset berharga yang kita punya.

Gerakan salat kedua adalah gerakan rukuk. Saat rukuk, kita menekuk badan kita hingg telapak tangan mampu menyentuh lutut. Rukuk sendiri bermakna kita siap untuk loyal kepada Allah. Seakan-akan mengatakan “iya” dengan merendahkan badan kita

Selanjutnya adalah gerakan sujud. Dengan bersujud berarti kita hina. Posisi kaki dan kepala sama artinnya sebanyak-banyaknya ilmu yang kita miliki, sebanyak-banyaknya gelar dari hasil berpikir kita, tetap saja kita hina sebagai manusia, tapi wajib mulia dengan tunduk dan iman kepada Allah.

Baca Juga: Hati-hati Kebebasan Fashion dan Lifestyle Bisa Membawa pada Kebodohan! (Antitesis Kecerdasan Bagian Kelima)

Halaman:

Editor: Annisa Sasa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB

Doa Sholat Hajat Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Selasa, 19 April 2022 | 11:44 WIB
X