• Kamis, 7 Juli 2022

Perlu Tahu! Jam Kerja Organ Tubuh Selama 24 Jam

- Minggu, 27 Februari 2022 | 19:00 WIB
Ilustrasi Jam Kerja Organ Tubuh (canva.com)
Ilustrasi Jam Kerja Organ Tubuh (canva.com)

ngaderes.com – Menurut pengobatan Tiongkok, setiap organ tubuh memiliki jam kerja atau biasa disebut jam piketnya yang dibagi menjadi 12 interval per dua jam, yang bergerak melalui sistem organ.

Praktisi Pengobatan Tiongkok menggunakan jam kerja organ tubuh untuk membantu mereka menentukan organ yang bertanggung jawab atas penyakit. Misalnya, jika kamu terbangun antara jam 3-5 pagi setiap pagi, kamu mungkin memiliki gangguan tertentu di area paru-paru. Berikut jam kerja organ tubuh kita selama 24 jam.

Jam 5 pagi sampai jam 7 pagi adalah waktunya usus besar, sehingga menjadi waktu yang tepat untuk buang air besar dan membuang racun dari hari sebelumnya. Ini juga waktu yang ideal untuk mencuci tubuh dan menyisir rambut. Dipercaya bahwa menyisir rambut membantu membersihkan energi dari pikiran.

Jam 7-9 pagi adalah waktu perut, jadi penting untuk sarapan, mengoptimalkan pencernaan dan penyerapan. Makanan hangat yang kaya nutrisi paling baik di pagi hari. Emosi yang kemungkinan akan terpancing saat ini antara lain rasa putus asa.

9-11 adalah waktu Pankreas dan Limpa, di mana enzim dilepaskan untuk membantu mencerna makanan dan melepaskan energi untuk hari berikutnya. Ini adalah waktu yang ideal untuk berolahraga dan bekerja. Lakukan tugas kamu yang paling melelahkan hari ini saat ini.

11.00-13.00 adalah waktu Jantung yang akan bekerja untuk memompa nutrisi ke seluruh tubuh untuk membantu memberikan energi dan nutrisi. Ini juga saat yang tepat untuk makan siang dan disarankan untuk makan makanan ringan yang dimasak. Tidur siang satu jam atau secangkir teh juga dianjurkan selama waktu ini. Perasaan senang atau sedih yang luar biasa juga bisa dialami saat jam tersebut.

1-3 sore adalah waktu Usus Kecil dan ketika makanan yang dimakan lebih awal akan menyelesaikan pencernaan dan asimilasinya. Ini juga saat yang tepat untuk melakukan tugas sehari-hari atau berolahraga.

3-5 sore adalah waktu kandung kemih ketika limbah metabolisme pindah ke sistem filtrasi ginjal. Ini adalah waktu yang tepat untuk belajar atau menyelesaikan pekerjaan yang menantang otak. Secangkir teh lain disarankan seperti minum banyak air untuk membantu proses detoksifikasi.

Jam 5-7 malam adalah waktu Ginjal menyaring darah dan ginjal bekerja untuk menjaga keseimbangan kimiawi yang tepat. Ini adalah waktu yang tepat untuk makan malam dan mengaktifkan sirkulasi baik dengan jalan kaki, pijat, atau peregangan. Pikiran bawah sadar ketakutan atau teror juga bisa aktif saat ini.

Halaman:

Editor: Dita Fitri Alverina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X