• Kamis, 7 Juli 2022

7 Cara Mengurangi Minyak Berlebih di Wajah, Patut Kamu Coba

- Selasa, 15 Februari 2022 | 22:42 WIB
Ilustrasi kulit berminyak (pexels.com/ by cottonbro)
Ilustrasi kulit berminyak (pexels.com/ by cottonbro)

ngaderes.com -- Mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah memang menjadi tantangan tersendiri dan tidak bisa dilakukan sembarangan. Kulit berminyak adalah hasil dari produksi sebum yang berlebihan dari kelenjar sebaceous. Kelenjar ini terletak di bawah permukaan kulit.

Sebum adalah zat berminyak yang terbuat dari lemak. Sebum sebenarnya tidak selalu buruk, karena zat ini justru membantu melindungi dan melembapkan kulit dan menjaga rambutmu sehat dan berkilau.

Namun yang menjadi kekhawatiran jika terlalu banyak sebum, bagaimanapun, dapat menyebabkan kulit berminyak, yang bisa menimbulkan pori-pori tersumbat dan juga jerawat. Selain itu, faktor genetika, perubahan hormon, atau bahkan stres dapat meningkatkan produksi sebum.

Baca Juga: Pesona Desa Adat Penglipuran, Alternatif Destinasi Wisata di Bali

Dilansir dari healthline.com, berikut 7 cara mengurangi minyak berlebih di wajah yang patut kamu coba, yuk kita simak!

1. Cuci muka dua kali sehari

Mungkin banyak orang dengan kulit berminyak tidak mencuci muka setiap hari. Jika kulit kamu termasuk berminyak, kamu harus mencuci muka dua kali sehari, tetapi jangan berlebihan. Kamu bisa gunakan sabun cuci muka yang lembut seperti sabun gliserin.

2. Madu

Madu adalah salah satu pengobatan kulit alami yang paling populer. Berkat kemampuan antibakteri dan antiseptiknya, madu dapat bermanfaat bagi kulit berminyak dan rawan jerawat.

Halaman:

Editor: Intan Resika Rohmah

Sumber: Health Line

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X