• Kamis, 7 Juli 2022

6 Tips untuk Mengelola Kecemasan Akibat Omicron

- Jumat, 11 Februari 2022 | 21:31 WIB
Ilustrasi kecemasan (unsplash.com/ by Udal Mittal)
Ilustrasi kecemasan (unsplash.com/ by Udal Mittal)

ngaderes.com – Informasi tentang menyebarnya varian Omicron di Indonesia khususnya, mengisi semua lini berita. Beberapa orang tampaknya tetap melanjutkan hidup mereka tanpa kekhawatiran yang signifikan, yang lain menemukan diri mereka dengan kecemasan baru tentang infeksi.

Ketidakpastian dan ketakutan, sekali lagi, membuat diri kita berada dalam keadaan yang tidak begitu mengenakkan. Ditambah sinyal potensi bahaya dari otak kita yang terus mengirimkan peringatan. Hal ini tentu bisa menyebabkan kita menjadi lebih waspada.

Dilansir dari situs vumc.org, untuk meredakan kecemasan yang disebabkan oleh lonjakan Covid-19 terbaru, berikut adalah 6 tips untuk membantu kamu mengelola stress akibat omicron.

1. Lindungi diri dengan menggunakan metode terbaik, seperti vaksinasi, booster, masker, jarak sosial, dan cuci tangan. Dan tetaplah waspada di manapun kamu berada.

2. Identifikasi sumber informasi berbasis ilmiah yang solid. Jika kamu terpapar atau mengalami gejala yang mengkhawatirkan, konsultasikan dengan sumber terpercaya untuk petunjuk arah.

3. Batasi paparan/ akses ke media yang dirancang untuk memicu alarm dan mengaktifkan indra kamu.

4. Tenangkan pikiran sejenak. Fokuskan kembali tujuan. Kamu bisa mencoba lakukan gerakan sederhana, musik, meditasi, mindfulness, atau kegiatan mindless dapat berguna untuk memberikan istirahat dari stres sehari-hari.

5. Lakukan interaksi dengan orang, atau hewan peliharaan. Masing-masing dapat menjadi cara untuk memfokuskan kembali energi kamu untuk beraktivitas sehari-hari.

6. Terlibat dalam teknik perawatan diri yang telah membantu kamu melewati gelombang pandemi sebelumnya.

Halaman:

Editor: Dita Fitri Alverina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X