• Kamis, 7 Juli 2022

Serupa Tapi Tak Sama! Kenali Perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan

- Senin, 7 Februari 2022 | 17:08 WIB
Antartika (pixabay.com)
Antartika (pixabay.com)

ngaderes.com -- Sebelumnya telah dibahas tentang apa yang menjadi alasan kutub selatan ternyata lebih dingin dibandingkan kutub utara. Kamu bisa cek di sini. Lalu apa yang membuat kutub begitu dingin? Selain karena ditutupi oleh bongkahan es yang tinggi, ada beberapa alasan lainnya, seperti yang di lansir dari auroraexpeditions.com.au.

Mengapa kutub begitu dingin?

Sementara Antartika jauh lebih dingin daripada Kutub Utara, kedua wilayah kutub umumnya jauh lebih dingin daripada bagian planet lainnya. Ada beberapa alasan untuk ini, termasuk:

1. Musim dingin yang gelap

Selama enam bulan selama musim dingin, matahari tidak terbit di atas cakrawala di dalam lingkaran kutub (66°30' Utara dan Selatan). Tanpa efek pemanasan dari sinar matahari langsung, kutub menjadi sangat, sangat dingin.

2. Sudut sinar matahari

Ketika matahari kembali ke daerah kutub di musim panas, mereka masih menerima lebih sedikit sinar matahari daripada tempat lain di bumi karena posisi mereka di ujung utara dan selatan dunia. Di daerah kutub, matahari harus menembus lebih banyak atmosfer, dan tersebar di daerah yang lebih luas daripada di khatulistiwa.

3. Banyak es

Iceland (pixabay.com)

Halaman:

Editor: Dita Fitri Alverina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X